World Cup Group dan World History

Tulisan ini hanya sekadar iseng yang tetiba melintas saat menyaksikan Iran melawan England kemarin. Bukan skor hasil akhir, tapi Group B ini berisi negara yang secara politik punya hubungan kelam. Amerika Serikat dan Iran boleh dikatakan “musuh bebuyutan dalam politik”.

Dimulai kasus penyerangan kantor perwakilan Amerika di Teeheran saat Revolusi Iran, kemudian invasi AS dalam Perang Teluk, dan terbunuhnya Jenderal Solemani oleh Drone AS. UK sebagai sekutu AS tentu ada di kubu AS dalam peristiwa itu.

Oleh : Prof. Dr. Judha Riksawan, S.H.,M.H.

Bagi UK dan Wales juga punya hubungan yang hangat menyusul keinginan warga Wales di Cardiff yang ingin keluar dan merdeka dari United Kingdom. Wales adalah negara pertama yang dikuasai Inggris sebelum Skotlandia dan Irlandia Utara bergabung dalam United Kingdom

BACA JUGA:  Tatanan Baru Media Pasca Corona:Disrupsi Media Lebih Cepat

Di Group C, ada kisah Mexico sebagai pendukung utama saat Argentina yang berperang dengan Inggris memperebutkan pulau Falkland atau Malvinas.

Di Group D, ada sejarah Tunisia yang dijajah Perancis pada tahun 1881 dan menyatakan merdeka pada tahun 1956, namun nanti pada tanggal 15 Oktober 1963 baru diproklamirkan sebagai Hari Terusirnya Perancis dari Tunisia (Evacuation Day) karena Perancis belum mau meninggalkan Tunisia. Dirayakan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya.

Group E, Jerman dan Jepang adalah dua negara anggota Axis Power yang dipimpin Hitler pada masa Perang Dunia ke II, bersama Italia. Kedua negara yang kalah perang ini juga diadili oleh tentara sekutu melalui International Military Tribunal, satu di Nurnberg dan satunya di Tokyo. Spanyol yang berada pada group ini pada masa itu mendeklarasikan sebagai negara netral, tapi sebenarnya punya hubungan politik dan ekonomi yang erat dengan Nazi Jerman dan Fasisme Italy. Kalau begitu ini AXIS GROUP.

BACA JUGA:  AMBIVALENSI KESASAKAN (Refleksi Pahlawan Nasional dari Sasak

Group F, Belgia, Kanada, Maroko – ketiga negara ini masuk dalam golongan negara Francophonie, alias negara yang berbahasa Perancis, karena dahulunya adalah jajahan Perancis. Croatia, walaupun negara ini berbahasa asli Croatia namun dulu salah satu wilayahnya Illyrian Province pernah dikuasai oleh Napoleon Bonaparte dan ternyata Crotia saat ini berstatus observer pada organisasi Francophonie tersebut. Berarti ini FRANCOPHONIE GROUP.

BACA JUGA:  Galau Penyiaran

Group H, Portugal dulu punya Costa do Ouro atau Pantai Emas Portugal di Afrika Barat (sekarang adalah negara Ghana) dan mendirikan Kastel Elmina di Ghana sekitar tahun 1482, kastel ini berfungsi sebagai pusat perdagangan emas dan gading, serta “penampungan budak afrika”.
Di kawasan Amerika Selatan, dulu Uruguay itu bernama Banda Oriental, daerah ini juga jajahan Portugal yang direbut dari Spanyol dan disatukan ke negara Brasil yang jajahan Portugal.

Group A dan group G, ke empat negara pesertanya agak sulit kesamaan sejarah dan politik di masa lalu. Mungkin anda mau menambah. Bisa disebut NONBLOCK GROUP.