One Health Cegah Kejadian Luar Biasa

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan One Health menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya outbreak di masa mendatang.
“One Health bukan mengatasi penyakit yang sebelumnya ada dalam manusia tapi ada dalam hewan yang pindah ke manusia,” katanya pada konferensi pers usai Side Event One Health di Lombok, Rabu (8/6/22)
Karenanya, Wamen meminta isu one health menjadi perhatian di tiap negara terutama di negara-negara yang kaya dengan keanekaragaman hewani dan hayati termasuk indonesia
Yang menjadi tantangan dalam implementasi one health menurut Wamen adalah kolaborasi dan finansial. “Kolaborasi penting agar departemen dan lembaga lebih memperhatikan one health,” katanya.
Sedangkan ketua tim Australia Indonesia Health Security Partnership John Leigh menyatakan semua negara perlu melakukan pemantauan kesehatan manusia, kesehatan hewan dan kesehatan lingkungan.
“Kita bisa mencegah lebih banyak penyakit dengan memantau hewan yang ada di sekitar,” katanya.
Namun, kata Leigh untuk melakukan pemantauan perlu dana lebih besar karena yang di pantau bukan hanya kesehatan hewan tapi juga memantau penyakit manusia. (BKPP/MRC03)

BACA JUGA:  Sri Mulyani: Dunia Belanjakan 11 Triliun Dolar AS tangani COVID-19