Penerbangan Umrah dari Indonesia ke Arab Saudi Naik Tajam

MATARAMRADIO.COM – Aktivitas penerbangan ibadah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi meningkat tajam, sejak penyelenggaraan ibadah umrah dibuka kembali pada awal 2022 sejalan dengan berangsur membaiknya penanganan pandemi Covid-19.“Terhitung sejak 8 Januari 2022 hingga 24 Mei 2022, jumlah total jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta yang berangkat dan datang tercatat sekitar 340.000 orang dengan 989 penerbangan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, Muhammad Awaluddin melalui keterangan resmi, Selasa (31/5).

Maskapai yang melayani penerbangan umrah diantaranya Lion Air, Saudi dan Garuda Indonesia.

BACA JUGA:  Publik Agar Kawal Seleksi Calon Komisioner KPID NTB Periode Mendatang

Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah penyesuaian operasional guna mendukung kelancaran penerbangan umrah. Sejalan dengan mulai meningkatnya lalu lintas penerbangan pada tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah penyesuaian yakni dengan mengaktifkan Terminal 1 mulai 1 April 2022 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3 sehingga penerbangan umrah dan juga angkutan lebaran dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Awaluddin menuturkan bahwa geliat penerbangan umrah juga terjadi di bandara AP II lainnya. Seiring dengan semakin baiknya penanganan pandemi Covid-19, bandara-bandara AP II bersama maskapai dan stakeholder lainnya juga membuka penerbangan langsung (direct flight) menuju Arab Saudi untuk mengantarkan jemaah umrah.

BACA JUGA:  Jelang Nataru, Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3. Ini Alasannya!

Pada 24 Mei 2022, Bandara Kualanamu di Deli Serdang (Sumatera Utara) membuka penerbangan langsung ke Arab Saudi yang dilayani oleh Lion Air dengan pesawat Airbus A333 dan membawa 424 penumpang yang merupakan jemaah umrah.

Penerbangan langsung ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang hadir langsung dalam penerbangan perdana Lion Air menuju Madinah, Arab Saudi.

Kemudian, pada 26 Mei 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang juga melayani penerbangan langsung Palembang – Madinah yang membawa 435 jemaah umrah. Penerbangan ini dilakukan secara charter oleh Lion Air. Seremonial pelepasan jemaah umrah ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

BACA JUGA:  Banjir Dompu, Puluhan Hektar Tanaman Padi Terancam Gagal Panen

Pada akhir Agustus 2022 sendiri direncanakan Lion Air kembali membuka penerbangan umrah Palembang – Madinah dalam 2x dalam satu minggu.

Adapun pada 4 Juni 2022 akan dimulai penyelenggaraan ibadah haji di bandara-bandara AP II.

Di Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan haji rencananya dioperasikan melalui Terminal 2F dan Terminal 3. (EditorMRC))