Hadiri Sangkep Agung Aliansi Sasak Lombok Indonesia, Gubernur NTB Ingatkan Ini!

MATARAMRADIO.COM – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkifliemansyah, SE MSc mengingatkan generasi Sasak agar memelihara keaslian budaya namun tetap mengikuti perkembangan zaman.

Hal itu dikatakannya dalam sambutannya di acara Sangkep Agung sekaligus Pengukuhan Aliansi Sasak  Lombok Indonesia (ASLI) hasil Kongres I di Mataram. “Salah satunya dengan mematuhi pesan orangtua dan pendidikan”, ujar Gubernur yang dalam budaya Sasak disebut Dane Pengerakse paer Gumi Sasak atau pemimpin wilayah di Taman Budaya, Mataram, Ahad (15/05).

BACA JUGA:  Anak Muda Jadi Founder Literasi

Dikatakannya, orisinalitas atau keaslian    cara berpikir dan bertindak atas nama budaya yang luhur akan menghasilkan peradaban   yang memiliki jati diri namun berhasil beradaptasi dengan zaman. Salah satunya dengan program beasiswa mengirim generasi muda keluar negeri. Menurutnya, generasi Sasak saat ini juga dikenal berpengetahuan agama baik. Hal ini menjadi kekuatan Aliansi Sasak Lombok Indonesia, tempat berkumpulnya diaspora Sasak seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua Majelis Adat Sasak, HL Bayu Windya mengatakan, salah satu cara membangun kekuatan adalah dengan membangun wadah bangsa Sasak meski terpisah secara geografis. “Peserta kongres pertama ASLI diikuti 110 orang dari 60 paguyuban di 34 propinsi yang hampir sebagian besarnya belum saling mengenal”, jelasnya sebagaimana dilansir MATARAMRADIO.COM dari siaran pers Diskominfotik NTB.

BACA JUGA:  15.000 Paket Balasa Siap Sasar Pelaku Pariwisata Terdampak Covid-19 di NTB

Bayu mengatakan, hasil Kongres pertama ini selain menghasilkan Ketua, L Maksum yang mewakili gumi paer diluar NTB selain Sulawesi, Kalsel, Papua dan lainnya, sebuah aplikasi berplatform android bernama AsliKu berisikan marketplace kebutuhan kebudayaan sekaligus tanda keanggotan yang saat ini  telah digunakan oleh satu juta pengguna.

Dikatakannya, Kongres juga menghasilkan Piagam Sasak yang mengusung visi menjaga jati diri, memelihara intelektualitas, harkatdan martabat dan membangun citra diri sejati Sasak baru dalam NKRI.

BACA JUGA:  BUKAN MILIK KITA : Kepada Mereka yang Dikalahkan

Hadi pula dalam kegiatan tersebut, HL Azhar, HL Serinata, Kapolda, Danrem, akademisi, budayawan dan para kepala OPD. (EditorMRC)