Efek MotoGP: Penumpang Bandara Internasional Lombok Tembus 15 Ribu Sehari, Wow!

MATARAMRADIO.COM – Kabar gembira datang dari Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM) Lombok Nusa Tenggara Barat. Ini soal rekor pergerakan penumpang tertinggi sepanjang sejarah beroperasinya bandara kebanggaaan warga Bumi Gora itu.

Dalam rilis yang diekspose PT Angkasa Pura 1 menyebutkan rekor penumpang tertinggi menembus 15 ribu terjadi pada Senin (21/3) kemarin. Angka penumpang tersebut meliputi penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara BIZAM.”Angka ini merupakan jumlah pergerakan penumpang harian tertinggi dalam sejarah sejak bandara ini beroperasi 10 tahun lalu,”sebut PT Angkasa Pura I dikutip MATARAMRADIO.COM melalui fanpage Lombok International Airport, Rabu (23/3).

BACA JUGA:  Tak Ada Alasan MOTOGP 2021 Dibatalkan!

Disebutkan, tercatat ada 15.164 penumpang dengan rincian 4.154 penumpang yang tiba dan 11.010 penumpang berangkat. Tingginya angka pergerakan penumpang ini utamanya disokong oleh aktivitas keberangkatan para penonton, pembalap, serta ofisial tim ajang balap motor MotoGP Mandalika.

Jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang harian sebelum gelaran ajang MotoGP, maka penumpang di Bandara Lombok kemarin mengalami peningkatan lebih dari empat kali lipatnya.”Pergerakan pesawat juga mencapai titik puncak dengan catatan 143 pergerakan pesawat, dengan rincian 72 pesawat datang serta 71 pesawat yang berangkat dari Bandara Lombok. Biasanya bandara ini hanya melayani sekitar 40 pergerakan pesawat per hari,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Dukung MotoGP 2021, NTB akan Bangun Rumah Sakit Kelas Dunia

Pihak Bandara menyebutkan, untuk mendukung kegiatan operasional yang meningkat sangat tinggi selama penyelenggaraan MotoGP 2022. Bandara Lombok melakukan penambahan waktu operasional bandara menjadi 24 jam sejak 15 Maret hingga 25 Maret 2022 mendatang.

Selain itu, disiagakan pula sebanyak 130 personel per shift dari internal PT Angkasa Pura I, meliputi petugas airport security, PKP-PK, apron movement controler, terminal service officer, customer service, facility care, trolleyman, hingga petugas parkir. Mereka semua standby 24/7 non-stop untuk memastikan kelancaran operasional serta memberikan pelayanan prima bagi para penonton, pembalap, kru, dan ofisial tim MotoGP 2022 Mandalika selama berada di Bandara Lombok.

BACA JUGA:  Polemik MXGP Samota: Gubernur DZ 'Ditantang' Transparan Soal Pendanaan

Hebatnya, meskipun arus pergerakan penumpang dan pesawat sangat tinggi, seluruh operasional bandara berjalan dengan lancar, aman, terkendali, dan zero accident.”Kami mengucapkan terima kasih atas soliditas dan kerja sama seluruh pihak, serta dukungan dari TNI/Polri, mitra kerja, mitra usaha, dan stakeholder Bandara Lombok terkait lainnya,”tandas pihak Otorita PT Angkasa Pura I selaku operator Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid. Siplah! (EditorMRC)