Kunjungi Korban Banjir Lombok, JK Berpesan Disiplin Jaga Alam

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat— Masyarakat agar disiplin menjaga alam agar ketika daerah memasuki musim penghujan, bencana banjir dapat diminimalisir dampaknya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla ketika mengunjungi warga terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (8/12).

Dikatakan JK, masyarakat harus menerapkan prilaku disiplin, mulai dari memperbaiki selokan dan jangan bakar hutan.

JK juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah daerah dan tim gabungan TNI, POLRI dan BPBD NTB atas respon cepat tanggapnya dalam menanggulangi bencana banjir bandang di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB.

BACA JUGA:  Dipanggil DPR Soal Dugaan Pelanggaran HAM, Perusahaan Tambang AMNT Minta Ditunda. Alasannya?

“Terimakasih kami ucapkan kepada pemerintah, tim gabungan TNI, Polri dan BPBD atas cepatnya proses evakuasi masyarakat,” ungkap mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12 tersebut. “Semoga keadaan cepat membaik supaya semuanya bisa kembali ke rumah secepatnya ya,” tambah JK seperti dikutip dari ntbprov.go.id

Dalam kunjungannya ke Lombok, JK didampingi Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid dan Danrem 162/Wira Bhakti, Ahmad Rizal Ramdhani.

Kedatangan JK disambut hangat oleh masyarakat yang mengungsi di posko penanggulangan bencana. Pun ia menyempatkan diri untuk berbincang dengan masyarakat, menanyakan kondisi terkini dan berharap keadaan cepat pulih sehingga mereka dapat kembali secepatnya ke tempat tinggal mereka.

BACA JUGA:  IPM Perempuan Lotim di Peringkat 8 dan IDG Peringkat 4 se-NTB

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid juga memaparkan langkah cepat tanggap darurat yang dilaksanakan Pemkab Lombok Barat dan jajarannya dalam membantu warga terdampak banjir bandang dan tanah longsor. “Sudah ada beberapa alat berat yang telah kami kerahkan, sehingga semoga dua atau tiga hari ke depan, para pengungsi bisa kembali,” jelas Bupati Fauzan.

BACA JUGA:  NTB Miliki Pabrik Pengolah Limbah Medis

Sementara itu, H. Mushab selaku Kepala Desa Batu Layar Barat mengaku sangat bersyukur atas perhatian pemerintah terhadap daerahnya yang terdampak banjir dan longsor.

“Kami sangat berterimakasih kepada semuanya, dalam hal ini pemerintah daerah maupun pusat karena telah memperhatikan daerah kami. Semoga kedepannya semua fasilitas yang rusak dapat segera diperbaiki agar warga dapat kembali beraktifitas dengan normal,” kata H. Mushab.

Setelah meninjau banjir di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, JK kemudian kembali ke Kota Mataram untuk melanjutkan agenda lain. (EditorMRC)