NTB Akan Terapkan ECO Office

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah menjelaskan pemerintah Provinsi NTB akan menerapkan kantor ramah lingkungan atau ECO Office di seluruh Organgisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Provinsi NTB.

“Saatnya kita memulai eco office,” katanya saat rapat di Pendopo Wagub NTB, Selasa (10/8/21).
Dijelaskan, ECO Office bagian ikhtiar Pemerintah Provinsi NTB untuk mendorong terbangunnya kesadaran pentingnya lingkungan dan pengelolaan sampah.
Penerapan Eco Office yang dimulai pada Agustus akan memberikan dampak positif dalam pengelolaan sampah, melakukan pengelolaan limbah, penghematan air bersih, penghematan listrik, penghematan ATK, adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH), menjaga kerapihan, kebersihan dan keindahan, pengadaan barang dan peralatan lingkungan.
“Kita akan lihat selama 3 bulan kedepan hasil penghematannya, dan ada reward bagi OPD yang berhasil menerapkan Eco Office,”jelasnya.
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK, Firmansyah memastikan seluruh persiapan ECO Office, seperti surat edaran, petunjuk teknis, modul – modul dan panduan – panduan best practice dalam pelaksanaan Eco office sudah tersedia.
“Kita sudah memperbaiki taman, mengurangi peggunaan kertas menggunakan soft file, melakukan pengawasan dengan tenaga cs dan memastikan tidak ada penggunaan listrik saat diluar jam kantor dan lain sebagainya,” jelasnya.(ser/MRC)

BACA JUGA:  Diterima, Dana Bagi Hasil PT AMNT