Mengenal Tim Pansel Calon Anggota KPID NTB Periode 2021-2024, Siapa Saja Mereka?

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Proses pendaftaran  calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat periode 2021-2024 akan dibuka mulai 19 April 2021 mendatang. 

Ada yang menarik dalam proses seleksi kali ini, karena pembentukan panitia seleksi langsung ditetapkan oleh DPRD NTB melalui rapat paripurna yang digelar pada Senin (15/3) lalu.  Dalam Surat Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat nomor : / Kep. DPRD / 2021 tanggal 15 Maret 2021 disebutkan lima nama tim seleksi KPID Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Siapa saja mereka?

  1. I Gede Putu Aryadi SSos MH
I Gede Putu Aryadi SSos MH, Ketua Pansel KPID NTB periode 2021-2024 I foto: www.ntbprov.go.id

Adalah Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) NTB yang dalam kepanitiaan ditetapkan sebagai Ketua merangkap anggota dari unsur keterwakilan Pemerintah Provinsi NTB.

Pria kelahiran Tabanan Bali, 54 tahun silam ini menamatkan Pendidikan Magister Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Mataram. Sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik NTB), Gede Aryadi pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala dan Sekretaris dinas terkait.

Jenjang karirnya sebagai pejabat dinas diawali dengan menjabat sebagai Kasubag Pemberitaan pada Biro Humas dan Protokol Setda Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat; Kabag Pengelolaan Data Elektronik pada Biro Umum Setda Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat; Kabag Protokol pada Biro Humas dan Protokol Setda Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat; Kabag Pemberitaan pada Biro Humas dan Protokol Setda Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan  Inspektur Pembantu Khusus pada Inspektorat Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  1. Prof DR HM Galang Asmara SH MHum
Prof. Dr. HM Galang Asmara S.H, M.Hum, Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Mataram I foto:istimewa

Dikenal sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum Universitas Mataram, Ini adalah untuk kali kedua Prof. Dr. HM Galang Asmara S.H, M.Hum terlibat sebagai Panitia Seleksi Calon Anggota KPID NTB mewakili unsur akademisi.

BACA JUGA:  SK Dibatalkan PTUN, KPID NTB tidak Punya Kekuatan Sosiologis

Pandangan kritisnya tentang dunia penyiaran dalam kaitan hukum tata negara sangatlah mendalam. Namun demikian Prof Galang tidak pernah  jumawa. Prof Galang  yang lahir di Kawo Lombok Tengah,62 tahun silam ini dikenal sangat berhati-hati dan teliti menjalankan regulasi terkait proses seleksi.

Pada seleksi KPID NTB periode sebelumnya, Prof Galang bersama panitia seleksi yang lain banyak menerima masukan dan melakukan kajian mendalam bagaimana proses seleksi yang dilakukan Panitia KPI Pusat dan KPID daerah lain seperti KPID Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Tentu pengalaman menjadi panitia seleksi periode sebelumnya akan menjadi catatan penting panitia seleksi untuk bekerja dengan baik dan profesional.

  1. Arwan Syahroni SE

Terpilih sebagai Panitia Seleksi Calon Anggota KPID NTB periode 2021-2024, Arwan Syahroni SE adalah anggota  KPID NTB dua periode dan saat ini menjalani masa perpanjangan jabatan hingga terpilihnya komisioner baru. Dia lebih dikenal sebagai jurnalis senior yang malang melintang puluhan tahun di dunia pers sejak era reformasi dan bergabung pada sejumlah media cetak lokal di Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:  Radio TV di NTB Dinilai Masih Minim Program Edukasi Covid 19

Arwan Syahroni,pria kelahiran Selong Lombok Timur, 48 tahun silam ini, juga dikenal sebagai pemerhati media siaran sejak lama, jauh sebelum terpilih menjadi komisioner KPID NTB periode 2014-2018 dan terpilih kembali untuk periode kedua, masa bakti 2018-2021.

Keterlibatan Arwan Syahroni sebagai anggota Panitia Seleksi tentu saja dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang sebagai wakil dari KPI/KPID NTB yang kebetulan  tidak berhak lagi maju sebagai calon komisioner periode mendatang.

  1. Umi Kulsum SS MHum
Umi Kulsum SS MHum, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat I foto: facebook

Mewakili unsur Pemerintah, Umi Kulsum SS MHum adalah Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sejak berdirinya lembaga yang menangani masalah bahasa dan sastra tersebut, Umi Kulsum adalah orang kelima yang memimpin Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat dari tahun 2019 hingga sekarang.  

Bila menelaah keterlibatannya sebagai Panitia Seleksi, Umi Kulsum bisa jadi akan banyak menggali bagaimana visi misi para calon komisioner sebagai regulator penyiaran dalam kerangka melestarikan bahasa dan sastra khususnya kearifan nilai lokal melalui media siaran di Nusa Tenggara Barat.

  1. DR Drs H Arsyad Abdul Gani MPd
BACA JUGA:  Gubernur NTB: Desa Ujung Tombak Kemajuan Pembangunan Daerah

DPRD NTB menjatuhkan pilihan pada DR Drs H Arsyad Abdul Gani MPd sebagai anggota Panitia Seleksi Calon Anggota KPID NTB mewakili unsur masyarakat.

DR Drs H Arsyad Abdul Gani MPd, Rektor UMMAT/foto:lakeynews

Selain sebagai birokrat, dia adalah Ketua Rukun Keluarga Bima (RKB) Lombok dan dikenal aktif sebagai Pengurus Wilayah Muhamadiyah NTB. Saat ini dia juga menjadi Rektor Universitas Muhamadiyah Mataram (UMMAT).

Demikinlah sekilas profil Panitia Seleksi Calon Anggota KPID NTB periode 2021-2024 yang berdasarkan pengumuman resmi pantia, akan membuka pendaftaran  mulai 19 April hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Pendaftaran secara online dapat dilakukan di link berikuthttps://pendaftaran.ntbprov.go.id/

Nah,untuk informasi lebih lanjut, pendaftar dapat menghubungi Sekretariat Tim Seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Nusa Tenggara Barat yang beralamat di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jalan Udayana No. 14, Mataram, Telepon (0370) 644264 dengan alamat e-mail: kominfotik@ntbprov.go.id atau dapat mengunjungi website resmi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat di www.ntbprov.go.id. (EditorMRC)