Galery Kampoeng UMKM Upaya Rebut Pasar MotoGP

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pemprop NTB kembali membuat wadah bagi UMKM agar dapat bersaing merebut pasar termasuk mengisi etalase Mandalika saat perhelatan MotoGP 2021 Oktober mendatang.

“UMKM harus masuk dalam etalase Mandalika meyambut MotoGP,” jelas Wakil Gubernur NTB, DR. Sitti Rohmi Djalilah saat melaunching Gallery Kampoeng UMKM bertajuk “Produk UMKM NTB Gemilang Menuju Ekspor” di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Rabu (24/3/21).
Rohmi menilai NTB memiliki kekayaan yang dapat terus dieksplore para UMKM. Selain untuk dilestarikan bisa menjadi peluang ekonomi. Ini juga menjadi cara agar masyarakat Indonesia dan dunia tahu NTB memiliki hal yang unik yang patut dibanggakan.
Gallery Kampoeng UMKM dibawah koordinasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB bekerjsama dengan Episenter Pengusaha Mandiri NTB yang telah mengakomodir 286 UMKM dari berbagai sektor produk seperti kuliner, tenun, kriya dan sebagainya.
Sinergitas antara Pemda NTB dengan Episenter Pengusaha Mandiri diharapkan dapat terus produktif dan tidak ada persaingan dengan NTB Mall karena sama – sama membangun UMKM NTB menjadi lebih baik.
Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Wirajaya Kusuma mengungkapkan pihaknya terus berupaya meningkatkan capacity building dari para UMKM dalam menyambut MotoGP 2021.
Selain itu, Diskop UKM NTB juga memfasilitasi para UMKM agar memiliki izin usaha seperti Perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikasi Halal.
“Melalui badan diklat bekerjasama dengan stakeholders terkait, kami u mengkurasi produk UMKM untuk siap dijual baik online maupun offline. Bahkan yang belum punya PIRT, kami fasilitasi sampai sertifikasi halal secara gratis,” jelasnya. (Sher@Diskominfotikntb/MRC)

BACA JUGA:  Jaga Roda UMKM