Desa, Ujung Tombak Pembangunan

MATARAMRADIO.COM, Lombok Timur – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meminta pemerintah menjadi garda terdepan dalam memajukan pembangunan di pedesaan baik sebagai mediator maupun fasilitator. Sehingga desa berkontribusi dalam pembangunan dan mampu menularkan nilai-nilai baik bagi daerah lain.

“Kita telah buktikan, saat ini desa menjadi ujung tombak kemajuan pembangunan daerah,” ungkapnya saat bersilaturrahmi dengan perwakilan masyarakat Kecamatan Lenek, Aikmel, Wanasaba, Suralaga, Sukamulia dan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (23/12)
Menurut gubernur, desa banyak melahirkan karya terbaik seperti industrialisasi berbasis UMKM, Mahadesa TDC dan program seribu desa sapi. “Orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa. Dengan sinergi bersama, desa akan memberikan kontribusi lebih untuk kemajuan daerah,” ujarnya.
Tokoh masyarakat setempat, Tahir Royaldi mengungkapkan kehadiran gubernur dapat menjadi madrasah tempat menimba ilmu. Banyak terobosan yang dapat dipelajari.
Di Lenek, jelas Tahir sudah ada peternakan unggas (itik), budidaya ikan dan produksi pakan sudah berjalan hingga memaksimalkan BUMDes. “Kami butuh pelatihan untuk pengelolaan dan pengolahan agar lebih profesional,” harapnya. (Diskominfotik NTB/MRC)

BACA JUGA:  Wamen Parekraf : Naik, Pasar Pariwisata Domestik