MATARAMRADIO.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo kembali berbagi cerita dengan rakyatnya seputar peluncuran virtual Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jawa Barat, Senin (21/12).

Presiden menyaksikan peluncuran Pelabuhan Patimban langsung dari Istana Bogor. “Kesibukan terlihat di Kapal MV Suzuka Express yang tengah bersandar di dermaga Pelabuhan Internasional Patimban, hari ini. Ratusan unit mobil merek Toyota, Daihatsu dan Suzuki, terlihat memasuki lambung kapal,” ulas Presiden di status Facebook pribadinya.

Diungkapkan, Pelabuhan Patimban adalah pelabuhan internasional baru di Subang, Jawa Barat yang beroperasi perdana. “Saya menyaksikan peluncuran awal pelabuhan ini melalui layar virtual dari Istana Bogor. Kapal MV Suzuka Express tadi menjadi penanda aktivitas ekspor perdana dari Pelabuhan Patimban ke Brunei Darussalam,” sebutnya seraya mengucapkan syukur.

Menurut Presiden, sekalipun masih di tengah suasana pandemi ini, pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama, salah satu proyek strategis nasional ini telah kita selesaikan. Pelabuhan Patimban akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang disiapkan untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor.

Kehadiran Pelabuhan Patimban penting bagi pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat. Lokasinya strategis, yakni di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. “Pelabuhan ini akan memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta yang sudah terlalu padat serta telah menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta,”pungkasnya.(Editor MRC)