DAMRI Siapkan Bus Khusus Penyandang Disabilitas

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Penyandang disabilitas di NTB boleh berbahagia. Pasalnya, kini ada bus khusus bagi para disabilitas dalam melakukan aktifitasnya.Ya, DAMRI telah memodifikasi bus umum menjadi bus khusus yang bisa dimanfaatkan bagi para disabilitas.

General Manager DAMRI Mataram, M. Adzani Wahyu Wibowo mengatakan, saat ini DAMRI baru menyediakan 3 bus khusus untuk disabilitas. Satu buah bus dioperasikan untuk wilayah mataram, sedang dua bus dimanfaatkan untuk wilayah Pulau Sumbawa bagian barat dan timur. “Bus khusus ini juga dimanfaatkan bagi para siswa SLB,”katanya saat gladi rute bus disabilitas, Jumat (2/10).
Karenanya, kata Adzani, bus khusus disabilitas ini melewati rute SLBN 1 Mataram, SLBN 2 Mataram dan SLB Karang Jangkong.
Kepala Dinas Perhubungan NTB, Drs Lalu Bayu Windya menjelaskan bus khusus disabilitas di NTB menjadi bus khusus disabilitas kedua setelah Jawa Barat. Dengan kapasitas 30 tempat duduk, 10 tempat duduk dikhususkan bagi penumpang berkursi roda sedang 20 tempat duduk dimanfaatkan bagi kaum disabilitas lainnya. “Bus khusus ini juga bisa dimanfaatkan untuk berwisata saat libur,” katanya.
Gubernur NTB, Zulkiflimansyah berkeinginan saat ulang tahun NTB nanti sudah ada bus khusus di setiap kabupaten/kota di NTB. “Kalau ini bisa diwujudkan maka hak disabilitas terlayani,” jelasnya.
Bahkan gubernur berkeinginan pada perhelatan Moto GP 2021, ada tempat khusus bagi kaum disabilitas untuk menyaksikan aksi para pembalaap dunia itu. (MRC 03)

BACA JUGA:  BRI Diminta Bantu UMKM