Warga Lantana Ubah Sampah Jadi Pupuk

MATARAMRADIO. COM-:Lombok Barat – Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengapresiasi warga perumahan Lantana Garden, Dusun Labuapi Utara, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat yang mengubah sampah organik menjadi pupuk dengan menggunakan tong komposter.”Kepedulian dan semangat adalah modal utama untuk menjaga kelestarian alam,” katanya, Rabu (5/8).

Dikatakan, melalui program Zero Waste (bebas sampah), pemerintah berikhtiar membangun NTB dengan tetap menjaga kelestarian alam sebagai warisan bagi generasi di masa depan.

BACA JUGA:  Baru Satu Korban Teridentifikasi


“Masyarakat dan pemerintah punya peran dan tanggungjawab untuk menjaga NTB yang Asri dan Lestari,” katanya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Madani Mukarom mengatakan, program Zero Waste merupakan program unggulan dalam pengelolaan dan pengurangan sampah.

Targetnya 30 persen sampah akan berkurang pada 2023 dan 70 persen sampah terkelola menjadi energi dan daur ulang. “Strateginya dengan memperbanyak sumur biopori dan kantong komposter,” katanya.

BACA JUGA:  Ikhtiar Pemprov NTB Wujudkan Kota Layak Anak 2022


Dijelaskan, sebanyak 5200 composter siap dibagikan kepada masyarakat dan komunitas serta pegiat lingkungan. (jm/diskominfotik/MRC)