Pemprov NTB Siapkan 100 Beasiswa

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pemprov NTB menyiapkan 100 beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi swasta dengan jurusan langka dan dibutuhkan daerah. Hal itu diungkapkan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat menerima silaturahmi sejumlah rektor perguruan tinggi swasta, di ruang kerjanya, Jum’at (10/7)

Menurut gubernur, Pemprov NTB ingin menyiapkan SDM sesuai kebutuhan daerah. Pada 5-6 tahun mendatang, saat Sumbawa Maining tambang beroperasi di Dompu, daerah sudah memiliki SDM yang dibutuhkan sehingga tidak terjadi keributan akibat tidak dilibatkannya masyarakat lokal dalam aktivitas tambang tersebut. “Universitas Muhammadiyah Mataram memiki jurusan pertambangan dan itu perlu dikembangkan ” jelasnya.
Gubernur mengakui untuk mengelola kampus swasta tidak mudah, dibutuhkan manajemen yang handal. Karenanya, Gubernur berharap Pemda Kabupaten/Kota dapat berkontribusi pada pengembangan perguruang tinggi swasta.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Dr. H. Aidy Furqan menjelaskan ada dua jenis beasiswa yakni beasiswa umum untuk mahasiswa luar negeri dan beasiswa miskin tapi berprestasi bagi mahasiswa di perguruan tinggi di NTB.
Mengenai 100 beasiswa yang ditawarkan pemprov, Aydi menjelaskan bila kuota untuk 100 mahasiswa belum tercapai, maka pemenuhan kapasitas dilanjutkan pada tahun berikutnya.
Sedangkan untuk beasiswa miskin, jelas Aydi ada tiga jenis yaitu beasiswa miskin berprestasi, beasiswa stimulant, dan beasiswa afirmasi. “Semua kampus dapat mengusulkan mahasiswanya untuk mendapatkan beasiswa asal sesuai aturan,” kata Aidy Furqan. (edy/alif@diskominfotikntb/MRC)

BACA JUGA:  10 Provokator Ditangkap Gara- gara Blokir Jalan Empat Hari