Gubernur NTB Sambut Peluang Kerjasama Taiwan

MATARAMRADIO.COM – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc menerima silaturrahim Isaac Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office Surabaya (TETO Surabaya) di Pendopo Gubernur, Senin (28/08).

Silaturahmi terkait menjajaki hubungan kerjasama dengan NTB dalam berbagai aspek, seperti : Kebudayaan dan Pendidikan, Perdagangan dan Perekonomian serta Pariwisata dan lainnya.

“Pemerintah provinsi tentu sangat menyambut baik kunjungan. Dan kerjasama dengan Taiwan bukan permulaan, sudah pula kita lakukan seperti beasiswa S3 di salah satu universitas disana”, jelas Gubernur.

BACA JUGA:  Gubernur Minta Beli Produk Lokal Meski Lebih Mahal

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur juga memaparkan beberapa potensi NTB seperti pertanian, tambang dan pendidikan seperti beasiswa dan kerjasama technopark.

Isaac Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office Surabaya (TETO Surabaya) mengatakan, pihaknya melihat peluang besar mengingat jumlah tenaga kerja Indonesia di Taiwan sebanyak 35 ribu orang dan mahasiswa Indonesia disana sebanyak 17 ribu lebih. Selain itu neraca perdagangan kedua negara yang terus meningkat memungkinkan kerjasama bisnis dilakukan.

BACA JUGA:  Dinilai Ganggu Stabilitas Pemerintahan, AMAN Lotim Minta Hentikan Polemik Pergantian PJ Gubernur NTB

“Kami akan menjajaki kemungkinan kerjasama bisnis dengan NTB tidak saja dalam pengiriman twnaga kerja”, ujarnya seperti dilansir MATARAMRADIO.COM dari situs berita resmi ntbprov.go.id

TETO adalah Kantor Perwakilan Pemerintah Taiwan yang kedua di Indonesia dengan fungsi utama adalah melayani visa untuk tenaga kerja Indonesia, visa kunjungan umum, visa pelajar, dan juga membantu para pengusaha Taiwan yang berada di Surabaya dan sekitarnya.

BACA JUGA:  Gubernur: Fokus Minimalisir Kematian dan Stimulus Ekonomi

Hadir pula dalam pertemuan, Kadis Perindustrian, Kadis Dikbud dan KA Brida. (EditorMRC)