1964: Anton Geesink Pemenang Medali Emas Judo Olimpiade Non Jepang Pertama

MATARAMRADIO.COM – Hari ini, Senin 25 Oktober mencatat berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia.

Salah satunya adalah pertempuran yang terjadi pada 25 Oktober 1854 yakni “Charge of the Light Brigade”. Pertempuran ini yang terkenal dengan Pertempuran Balaclava atau Perang Krimea mengakibatkan lebih dari 100 orang tewas.


Sejarah juga mencatat, pada 25 Oktober
1964:, Anton Geesink asal Belanda terpilih sebagai Pemenang Medali Emas Judo Olimpiade non-Jepang Pertama.

BACA JUGA:  1895 : Wilhelm Rontgen Temukan Sinar X

Peristiwa penting lainnya sebagai berikut:

25 Oktober 1415 : Pertempuran Agincourt: Pasukan Henry V mengalahkan tentara Prancis yang lebih besar dan busur besar mengalahkan ksatria lapis baja

25 Oktober 1962: Duta Besar AS untuk PBB Adlai Stevenson menuntut jawaban dari perwakilan PBB Uni Soviet Zorin mengenai pangkalan rudal Kuba dengan mengatakan “Saya siap menunggu jawaban saya sampai neraka membeku”.

BACA JUGA:  1675: Matematikawan Jerman Gottfried Wilhelm Leibniz Temukan Kalkulus Integral

25 Oktober 1971: PBB memilih untuk mengusir Nasionalis Tiongkok yang memerintah Taiwan dan mengakui Republik Rakyat Komunis Tiongkok.

25 Oktober 2017: Perdana Menteri China Xi Jinping mengungkapkan dewan penguasa barunya di Aula Besar Rakyat, tidak satu pun dari kelimanya cukup muda untuk menggantikannya.

BACA JUGA:  1776:  Pasukan Inggris Rebut Benteng Washington Selama Revolusi Amerika

25 Oktober 1978 : Dirilisnnya Film”Halloween” yang disutradarai oleh John Carpenter, dibintangi oleh Donald Pleasence dan Jamie Lee Curtis dalam debut filmnya.

25 Oktobet 1875: Pertunjukan pertama Konser Piano No. 1 oleh Pyotr Ilyich Tchaikovsky diberikan di Boston, Massachusetts dengan Hans von Bülow sebagai solois. (EditorMRC)