NTB Siap Kembangkan Desa Wisata

MATARAMRADIO.COM, Matatam – NTB memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan tagline Desa Wisata.

Asisten II Setprov NTB, Drs Ridwansyah menjelaskan dalam desa wisata saat orang membajak sawah atau memelihara ternak bisa dijadikan produk pariwisata desa. “Tinggal mengemas dan mempromosikannya sebagai atraksi wisata,” katanya saat Bincang Gemilang di Hotel Lombok Astoria, Jumat (25/6/21).
Konsep Desa Wisata bisa dilihat dari dimensi ekonomi, lingkungan dan sumber daya manusia. Kemudian dibuat konsep pengelolaan destinasi wisata yang mengikuti pola amenity (fasilitas penunjang), accesibility (infrastruktur) dan attraction (menu wisata).
“Konsep 3A, sebagai panduan tata kelola destinasi wisata untuk memberikan pelayanan terbaik,” sebut Sekretaris Dinas Pariwisata, Lalu Hasbul Wadi.
Sementara Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah, Ari Garmono, menjelaskan agar Desa Wisata dapat menjangkau pasar maka promosi sebagai brand awareness mengingatkan orang akan tujuan berwisata setelah destinasi siap dengan penerapan CHSE yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan wisatawan. (jm/MRC)

BACA JUGA:  Dewisnu Siap Majukan Desa Wisata