Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan TPID Award Kepada Tiga Kepala Daerah Berprestasi Asal NTB

Para kepala daerah dinilai mampu mengendalikan inflasi di daerah masing-masing.
Mereka adalah PJ Gubernur NTB HL Gita Ariadi, PJ Bupati Lombok Barat H Ilham SPd MPd dan Walikota Mataram Dr H Mohan Roliskana.

Provinsi NTB meraih penghargaan Provinsi berkinerja terbaik mewakili Kawasan Nusa Tenggara dan Papua.

Selain NTB, penghargaan serupa juga diterima Provinsi Jawa Tengah untuk kawasan Jawa-Bali, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kawasan Sulawesi dan Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan Sumatera.

BACA JUGA:  Soal Wacana Revisi UU ITE, ini Kata Presiden Jokowi dan Kapolri

Demikian juga dengan Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat yang tahun ini berhasil memperoleh penghargaan kategori TPID Kota dan Kabupaten Berprestasi 2024.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2024 di Istana Negara, 14 Juni 2024 lalu.

Presiden RI Jokowi menyampaikan terima kasih pada Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah yang telah bekerja keras dan telah berusaha keras untuk mengendalikan inflasi.

Dirinya menerangkan, berkat kerja keras semua tim pengendalian inflasi tersebut, terakhir pada bulan Mei, inflasi Indonesia berada di angka 2,84 persen. Salah satu yang terbaik di dunia.

BACA JUGA:  Presiden Minta Penyaluran Dana BLT Desa dan Bansos Tunai Dipercepat

“Kalau kita ingat sembilan atau 10 tahun yang lampau, inflasi kita masih berada di angka 9,6 persen. Atas usaha keras kita, (saat ini inflasi Indonesia) berada diangka 2,84 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menerangkan kegiatan Rakornas Pengendalian Inflasi 2024, mengangkat tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga.

Perry Warjiyo mengungkapkan, Bank Indonesia meyakini inflasi yang rendah sebagai faktor penting untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta kesejahteraan rakyat Indonesia.

BACA JUGA:  10 Lembaga Negara ini Akhirnya Dibubarkan Presiden Jokowi

“BI akan terus memperkuat bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Bersinergi erat dengan pemerintah baik pusat maupun daerah,”tandasnya.

Pj Gubernur NTB Drs HL Gita Ariadi MSI yang hadir menerima anugerah berharap prestasi TPID Award 2024 menjadi sumber inspirasi dan sumber motivasi agar TPID Provinsi, kabupaten dan kota, tetap bekerja keras untuk mengendalikan inflasi. Begitu pula, komoditi barang kebutuhan pokok tetap tersedia dan terjangkau dengan daya beli masyarakat.

“Anugerah ini sumber motivasi dan sumber inspirasi untuk bekerja. Kendalikan inflasi di daerah lebih baik lagi. Insyaallah,” ungkapnya. ***