Pertamina MotoGP Experience Gallery, Bukti Kelas Dunia Sirkuit Mandlika

MATARAMRADIO.COM – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan PT Pertamina (Persero) meresmikan Pertamina MotoGP Experience Gallery pada Sabtu, 29 September 2024.


Peresmian yang bertepatan dengan qualifying race Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, menandai pencapaian penting bagi Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap internasional berkelas dunia.


Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menyatakan peresmian Pertamina MotoGPTM Experience Gallery tidak hanya memperkokoh posisi Mandalika sebagai destinasi balap internasional, tapi juga memberikan kontribusi besar bagi sektor pariwisata di Lombok Tengah.


“Galeri ini diharapkan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia kepada dunia secara lebih luas,” katanya.

BACA JUGA:  Tekad Anak Cegah Pernikahan Dini


PT Pertamina (Persero) sebagai pendukung utama Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2024, berkomitmen mendukung perkembangan ekosistem pariwisata di Indonesia melalui kolaborasi strategis.


“Kami bangga menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Kehadiran museum ini tidak hanya memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap kelas dunia, tetapi juga sebagai pusat edukasi dan informasi sejarah perkembangan dunia balap motor. Ini selaras dengan visi Pertamina untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, termasuk dalam sektor pariwisata dan olahraga,” ungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.


Pertamina MotoGP Experience Gallery menawarkan berbagai memorabilia dari dunia MotoGP™, seperti helm, mini bike, dan barang-barang ikonik lainnya yang pernah digunakan para pembalap.

BACA JUGA:  Presiden Lantik Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027


Selain itu, berbagai instalasi dan aktivitas digital interaktif di Kids Corner (Race With Wheelie) dan juga augmented reality di maket sirkuit di area “The Twists and Turns”, serta miniatur laboratorium dari Pertamina.

Sementara Direktur Utama ITDC Ari Respati, mengungkapkan galery ini akan menjadi warisan penting bagi dunia otomotif, khususnya MotoGPTM.

“MotoGPTM adalah salah satu event olahraga terbesar di dunia, dan kehadiran PT Pertamina sebagai sponsor utama merupakan wujud kontribusi dan kolaborasi dalam memperkuat citra Indonesia di panggung internasional. Museum ini akan menjadi ikon baru yang tidak hanya menarik wisatawan global, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional melalui industri pariwisata dan event olahraga berskala internasional,” katanya.

BACA JUGA:  Desain Paket Wisata, Siswa SMK 1 Lingsar Kunjungi Museum


Dari segi tata ruang, museum ini memiliki beberapa galeri utama, di antaranya South Gallery yang berfungsi sebagai ruang serbaguna dengan kapasitas hingga 50 orang.


Sedangkan, North Gallery di Pertamina MotoGP Experience Gallery menyuguhkan pengalaman mendalam tentang dunia MotoGPTM dengan berbagai zona interaktif dan informatif.


Pertamina MotoGP Experience Gallery akan dibuka untuk umum sehingga penggemar MotoGP dapat merasakan pengalaman lebih dekat dengan dunia balap motor dan meresapi berbagai aspek pendukung MotoGPTM. dari dekat

.
“Kami percaya dengan integrasi antara infrastruktur kelas dunia, event internasional, dan komitmen pada keberlanjutan, Pertamina Mandalika International Circuit dan Pertamina MotoGP Experience Gallery akan menjadi katalis pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” jelas Ari.***