Beberkan 5 Alasan: Aktivis PMI Sebut SJP Paling Ideal Jadi Bupati Lombok Timur 5 Tahun Mendatang. Inilah Penjelasan Lengkapnya!

MATARAMRADIO.COM – Lombok Timur sedang bersiap memasuki masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2024, dan salah satu nama yang mencuat ke permukaan adalah Suryadi Jaya Purnama (SJP).

Nama ini tidak asing lagi bagi masyarakat Lombok Timur maupun NTB secara keseluruhan. Sebagai seorang politikus yang telah malang melintang di kancah politik daerah dan nasional, SJP dinilai sebagai sosok ideal yang layak memimpin Lombok Timur dalam kurun waktu 2024 hingga 2030.

Hal itu diungkapkan Aris Munandar SH, Aktivis Pekerja Migran Indonesia asal Lombok Timur.

Pria yang akrab disapa Aris Beloyank itu memaparkan sedikitnya ada lima alasan Suryadi Jaya Purnama paling ideal memimpin Lombok Timur.

Pertama, katanya, SPJ memiliki rekam jejak sebagai Pejabat Publik yang Cemerlang

Disebutkan Aris, SJP bukanlah pendatang baru dalam dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD NTB dan juga sebagai anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dalam kedua posisi tersebut, ia dikenal sebagai politisi yang gigih memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya di daerah pemilihannya, yaitu NTB.

Aris Munandar SH : Direktur Eksekutif LP2MI dan para aktivis pekerja migran di Lombok Timur yang siap memenangkan SJP – Fatihin I istimewa

Menurut Aris Munandar, rekam jejak SJP sebagai pejabat publik memberikan nilai tambah tersendiri. “SJP telah terbukti mampu menjalankan tugas dengan baik. Di DPRD NTB, ia memperjuangkan berbagai kebijakan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, di DPR RI, ia membawa isu-isu NTB, terutama terkait dengan perlindungan PMI asal Lombok Timur, ke kancah nasional,” kata Aris.

BACA JUGA:  Inilah Agenda Besar Bang Mack dan Pasangannya Untuk Lombok Timur Lima Tahun Mendatang!

Kedua, ungkapnya, kemampuan kepemimpinan dan jaringan berskala regional hingga Internasional

Aris mengungkapkan, sebagai seorang politisi, SJP tidak hanya memiliki kemampuan kepemimpinan yang mumpuni di tingkat lokal, tetapi juga telah mengembangkan jaringan yang luas di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Ini menjadi modal penting dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, terutama di era pasca-pandemi.

Menurutnya kemampuan ini tidak dimiliki oleh banyak politisi lokal. “SJP memiliki jaringan luas yang mencakup berbagai kalangan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi Lombok Timur, terutama dalam menarik investasi dan peluang kerjasama yang lebih besar. Lombok Timur membutuhkan sosok yang tidak hanya paham persoalan lokal, tapi juga bisa membawa daerah ini bersaing di kancah global,” tegas Direktur Eksekutif LP2MI ini.

Alasan ketiga, sambung Aris, Sosok SJP adalah karakter pemimpin yang banyak mendengar dan memberi solusi

Disebutkan Aris, salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak pemimpin adalah kemampuan mendengarkan aspirasi masyarakat. Namun, katanya, SJP dikenal sebagai sosok yang selalu terbuka terhadap masukan dari rakyatnya. Dalam berbagai kesempatan, SJP kerap turun langsung ke lapangan untuk mendengar keluhan masyarakat, dari petani, buruh, hingga pelaku usaha kecil menengah.

“SJP bukan hanya pemimpin yang pandai berbicara, tetapi juga cerdas dalam mendengar. Banyak pemimpin yang hanya mendengar tanpa memberi solusi, tetapi SJP selalu berusaha menjadi problem solver. Dia selalu hadir untuk memberikan solusi nyata bagi masyarakat, baik dalam bentuk kebijakan maupun tindakan langsung,” tegas Aris.

BACA JUGA:  Survei Terbaru LSI: Ganjar Prabowo Anies Masuk 3 Besar Capres Pilihan Rakyat

Kehadirannya sebagai solusi nyata ini, lanjut Aris, menjadikan SJP sebagai sosok pemimpin yang dicintai oleh masyarakat.

“Ketika ada masalah, terutama yang menyangkut kepentingan rakyat kecil, SJP selalu ada untuk membantu dan mencarikan jalan keluar. Hal ini menjadi poin penting yang membuatnya sangat layak menjadi Bupati Lombok Timur,”paparnya.

Alasan keempat, tambah Aris, Sososk SJP dikenal peduli terhadap Isu Perempuan, Anak, dan Perlindungan PMI.

Selain kemampuannya dalam mendengarkan aspirasi, SJP jelas Aris, juga dikenal sangat peduli terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, terutama isu-isu yang berkaitan dengan perempuan, anak, serta perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Isu-isu ini sangat krusial bagi masyarakat Lombok Timur, di mana sebagian besar penduduknya menjadi PMI di luar negeri.

Aris Munandar, yang juga seorang aktivis PMI, memberikan testimoni tentang peran SJP dalam memperjuangkan hak-hak PMI asal NTB, khususnya Lombok Timur. “SJP telah menunjukkan komitmen nyata dalam memperjuangkan perlindungan bagi PMI. Dia aktif memperjuangkan hak-hak PMI di parlemen dan terus menekankan pentingnya perlindungan bagi mereka, terutama bagi mereka yang berasal dari Lombok Timur,” kata Aris.

Selain itu, perhatian SJP terhadap isu perempuan dan anak juga patut diapresiasi. Dalam berbagai kesempatan, ia kerap menyuarakan pentingnya perlindungan hak-hak perempuan dan anak, termasuk dalam konteks pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Alasan kelima, demikian Aris, sosok SJP adalah figur pemimpin yang sukses dalam membangun keluarga sakinah mawadah warahmah

Bagi Aris, keberhasilan seorang pemimpin tidak hanya diukur dari prestasi politiknya, tetapi juga dari bagaimana ia membangun keluarga.

BACA JUGA:  Maju Jadi Calon Wakil Rakyat, Ustadz Zamroni Husaini Beberkan Alasan dan Fakta!

SJP selama ini, kata Aris, dikenal sebagai sosok yang sukses dalam membangun keluarga sakinah mawadah warahmah.

Dalam kehidupan pribadinya, ia selalu menekankan pentingnya nilai-nilai keluarga dan kesalehan sosial.

Menurut Aris Munandar, keteladanan dalam membangun keluarga adalah hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin. “SJP adalah contoh nyata bahwa seorang pemimpin yang baik harus mampu membangun keluarganya dengan nilai-nilai yang kuat. Ini menunjukkan bahwa dia memiliki integritas dan moralitas yang tinggi, yang tentunya akan sangat berpengaruh dalam kepemimpinannya di Lombok Timur,” tambah Aris.

Lebih lanjut Aris menambahkan, sosok SJP juga layak diapresiasi kiprahnya dalam mencetak Sumber daya manusia tangguh untuk Lombok Timur.

Buktinya, SJP telah mendirikan lembaga dari pendidikan PAUD hingga perguruan tinggi bernama Institut Teknologi Lombok (ITL) yang bermarkas di kampung halamannya di Desa Lenek Kecamatan Lenek Lombok Timur.

Lembaga pendidikan itu bernaung di bawah Yayasan As-Syamil yang bergerak di bidang Ekonomi, pendidikan dan sosial.

Lembaga pendidikan yang didirikan terdiri dari K PAUD AL NURUL JIHAD, SD IT AS-SYAMIL; SMP IT AS-SYAMIL; SMA IT AS-SYAMIL dan INSTITUT TEKNOLOGI LOMBOK

Bagi Aris Munandar, melihat rekam jejaknya sebagai pejabat publik, kemampuannya dalam memimpin, perhatian yang besar terhadap isu-isu sosial, serta kesuksesannya dalam membangun keluarga yang harmonis, tidak diragukan lagi bahwa Suryadi Jaya Purnama adalah sosok ideal untuk memimpin Lombok Timur periode 2024-2030.

“Dukungan dan harapan masyarakat Lombok Timur terhadapnya semakin besar, dan kini saatnya bagi SJP untuk kembali menunjukkan pengabdiannya bagi daerah yang ia cintai,”demikian Aris Munandar SH, Direktur Eksekutif LP2MI. (editorMRC)