Arsip Bagian  Warisan Budaya Bangsa, Kualitas SDM Jadi  Kunci


Arsip, kata Rini  berperan penting dalam menjaga dan melestarikan memori koleksi bangsa yang merupakan bagian integral dari kebudayaan.


“Arsip  bukan sekedar dokumen administratif tapi juga bagian dari warisan budaya bangsa,” katanya usai Rakornas Srikandi di Mataram, Selasa 3 September 2024.

BACA JUGA:  SPKLU Kontribusi Nett Zero Emition


Menurut Rini, pengelolaan arsip yang baik akan mendukung pemajuan Kebudayaan sebagaimana diamanatkan dalam undang- undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan


Seiring  perkembangan teknologi informatika,  maka kata Rini pengelolaan arsip dituntut bertranformasi  ke arah digital.


Dengan digitalisasi arsip, diharapkan mampu meningkatkan  efisiensi, akurasi dan kemudahan administrasi dan akses terhadap arsip.

BACA JUGA:  Berantas Stunting di NTB, Tiga Peneliti Usulkan Ini!


Dengan koordinasi yang baiki antara  pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam hal kearsipan, jelas Rini akan dapat menciptakan sistem kearsipan terpadu dan saling terhubung sehingga mampu mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.


Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Lalu Gita Ariadi menegaskan dalam pengelolaan arsip perlu peningkatan kualitas SDM.

BACA JUGA:  Kekayaan Berlimpah tapi NTB Masuk 10 Daerah Termiskin di Indonesia


“Kualitas SDM menjadi perhatian karenanya dalam penerimaan CPNS sekarang ini salah satu syaratnya melek IT,” katanya.


Sedangkan Walikota Mataram menyatakan agar  SRIKANDI bisa diaplikasikan dalam setiap program.
“Hadirnya sistem digitalisasi membuat dokumen negara bisa terpeliharanya dengan baik,”. katanya.***