Promosikan Desa Wisata Timbanuh, Mahasiswa KKN Unram Gelar Camping Fun. Begini Konsep Acaranya!

Kegiatan tersebut digelar pada hari sabtu dan minggu tanggal 3-4 Agustus 2024 bertempat di SAMALAS CAMP.
Acara tersebut dihadiri oleh Mahasiswa KKN dan KKP di desa Timbanuh, KKN se-kecamatan Pinggasela, siswa PMR , Masyarakat di luar desa Timbanuh dan Sebagian perangkat desa yang dimana keseluruhan peserta mencapai 60 orang.


Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata baru maupun destinasi yang kurang dikenal oleh Masyarakat luas, sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi wisata tersebut dan dapat menciptakan kesan yang tak terlupakan bagi para peserta.


Dalam acara tersebut disuguhkan beberapa penampilan dan penayangan video tempat wisata yang dimiliki desa Timbanuh sehingga peserta Fun Camp yang ikut dapat mengetahui destinasi wisata yang terdapat di Desa Timbanuh. Adapun penampilan yang disuguhkan untuk kegiatan tersebut yakni tari trandisional, pertunjukan peresean dan juga live musik yang dapat memberikan kesan tak terlupakan.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN Unram Bersama Pokdarwis Revitalisasi Obyek Wisata Buwun Mas View

Hal tersebut diungkapkan oleh Moh.Irham Hamidi selaku Ketua Kelompok KKN-PMD Universitas Mataram Tahun 2024 yang ikut terlibat dalam program ini.


“Disini kami mengadakan acara fun camp yang dimana acara tersebut adalah salah satu cara kami mempromosikan tempat tempat wisata yang ada di desa timbanuh ini. Melalui cuplikan video promosi kami memperkenalkan berbagai wisata yang ada di Desa Timbanuh kepada para peserta fun camp.

Acara ini juga akan kami jadikan video promosi di sosial media kami dan mengundang orang-orang luar desa timbanuh untuk mengikuti acara kami. Dengan kegiatan yang kami laksanakan, kami berharap acara kami ini berdampak untuk kedepanya dari segi perekonomian masyarakat desa timbanuh,” ujar Moh.Irham Hamidi.


Selain memperkenalkan dan mempromosikan wisata yang ada didesa Timbanuh sendiri, Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengembangan potensi di Desa Timbanuh sendiri khususnya potensi pariwisata, seperti yang diungkapkan oleh bapak Herman selaku Babinsa Desa Timbanuh.

BACA JUGA:  Robby Firmansyah: BEM FHISIP Unram Siap Gelar Muswil BEM FH se-NTB 2024


“Acara fun Camp yang di adakan adik-adik KKN ini sangat membantu untuk pengembangan wisata di Desa Timbanuh sendiri yang mana dari masyarakat luar yang tidak tau wisata yang berada di Timbanuh sendiri menjadi banyak pengunjung nya dan masyarakat luar pun sangat antusias dengan di adakan fun Camp oleh teman-teman KKN Unram, dan terimakasih untuk acaranya sangat keren dan mungkin bisa di kembangkan lagi untuk acara-acara seperti ini,” Ujar Bapak Babinsa Desa Timbanuh.

Hal senada juga diungkapkan oleh Deri Herjian C. selaku ketua kelompok Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) UIN MATARAM yang turut serta memeriahkan acara Fun camp tersebut.


“Menurut saya kegiatan camp yang diadakan oleh temen-temen unram itu menarik dan sangat bagus untuk promosi lokasi wisata milik warga setempat yang ada didesa, mulai dari kesiapan dan konsepnya bagus, ada game yg seru terus pertunjukan yang menarik, kemudian tenda yg disediakan juga sangat memadai buat seluruh peserta, dan bisa kita katakan kegiatan fun camp kemarin sukses terselenggara,” ujar Deri Herjian.

BACA JUGA:  Dekan Faperta Unram Lepas 50 Mahasiswa KKN MBKM Mandiri: Wujudkan Pengabdian dan Penelitian di Empat Desa


Kegiatan Camping Fun ini diselenggarakan oleh kelompok KKN-PMD Universitas Mataram Tahun 2024 sebagai ajang promosi potensi wisata yang terdapat di Desa Timbanuh dan juga sebagai bentuk dari upaya pengabdian masyarakat di desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Dr. Dwi Putra Buana Sakti, SE.,MM selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan Muhahmmad Ilham S.P selaku Kepala Desa Timbanuh. Melalui kegiatan ini diharapakan Masyarakat Desa Timbanuh serta Masyarakat luas dapat menerima informasi terkait Segala potensi desa yang ada di Desa Timbanuh sendiri khususnya potensi pariwisata. (M. Zamzami Sangga Firdaus)