Survei Terbaru LSI: Haji Iron Unggul dalam Peta Persaingan Pilkada Lombok Timur

Peneliti Senior LSI, Muhammad Akib, mengungkapkan bahwa Haji Iron memiliki keunggulan yang signifikan dalam berbagai simulasi survei. “Dalam simulasi top of mind, Haji Iron memimpin dengan 26,2 persen, sementara Muhammad Syamsul Luthfi berada di posisi kedua dengan 15,4 persen. Ini menunjukkan bahwa Haji Iron memiliki daya tarik yang kuat di mata pemilih,” ujar Muhammad Akib.

BACA JUGA:  Cucu Pahlawan Nasional, TGH Khairul Fatihin Digadang Maju di Pilkada Lotim

Survei LSI ini mengambil sampel sebesar 400 responden menggunakan metode multi-stage random sampling dengan margin of error ±5 persen. Sampel ditentukan secara proporsional dari seluruh kecamatan yang ada di Lombok Timur.

Selain simulasi top of mind, keunggulan Haji Iron juga terlihat dalam simulasi semi-terbuka yang melibatkan 17 nama kandidat, dengan perolehan 33,6 persen. Muhammad Syamsul Luthfi masih berada di posisi kedua dengan 24,8 persen, dan posisi ketiga diduduki oleh Rumaksi dengan perolehan 5,8 persen.

“Dalam simulasi 17 nama kandidat, Haji Iron tetap memimpin dengan 33,6 persen, menunjukkan bahwa pengenalan dan dukungan terhadapnya sangat kuat di berbagai skenario,” tambah Akib.

BACA JUGA:  Jelang Pilgub NTB 2024: Beredar Hasil Survei LSI Network Unggulkan ZulUhel Head to head Iqbal Dinda

Dalam simulasi 10 kandidat, Haji Iron tetap unggul dengan 33,7 persen, diikuti oleh Muhammad Syamsul Luthfi dengan 24,9 persen, Rumkasi 6,5 persen, TGH Hazmi Hamzar 2,7 persen, dan Suryadi Jaya Purnama 1,0 persen. Empat kandidat lainnya, yakni Daeng Parori, Lalu Hasan Rahman, Lalu Satriadi, dan Nasruddin, tidak mendapat dukungan yang signifikan.

LSI juga menguji pasangan kandidat yang telah muncul di media online dan masyarakat. Dalam simulasi pasangan kandidat, Haji Iron yang kabarnya akan berpasangan dengan Edwin Hadiwijaya tetap teratas dengan perolehan 35,4 persen, disusul pasangan Muhammad Syamsul Luthfi-Abdul Wahid dengan 24,7 persen. Pasangan lainnya, seperti Rumaksi-Amrul Jihadi, TGH Hazmi Hamzar-Lalu Satriadi, dan Suryadi Jaya Purnama-Nasruddin, mendapatkan dukungan yang lebih rendah.

BACA JUGA:  Belum Satu pun Figur Nyatakan Diri Siap Maju Pilkada Lotim 2024

Bakal Calon Pasangan H. Iron – H. Edwin telah mendominasi hampir semua daerah pemilihan (dapil) di Lombok Timur, termasuk Dapil Lombok Timur 1 hingga Dapil Lombok Timur 5.

Selain itu, survei LSI menemukan bahwa awareness atau pengetahuan publik tentang pelaksanaan Pilkada Lombok Timur pada 27 November 2024 masih di angka 64 persen. “Kesadaran publik tentang Pilkada masih perlu ditingkatkan, meskipun sudah ada kemajuan signifikan,” kata Muhammad Akib.(***)