Menuju Kejuaraan Dunia MXGP 2022 di Samota Sumbawa

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sukses menggelar MotoGP 2022 Mandalika Series, Nusa Tenggara Barat kembali menerima kepercayaan sebagai tuan rumah ajang balap motor MXGP 2022.

Dalam kalender MXGP 2022 yang dirilis laman resmi MXGP.COM menyebutkan, pelaksanaan MXGP untuk Indonesia akan digelar dua kali yakni di Samota Sumbawa dan Jakarta.

Untuk MXGP Samota akan dilaksanakan 26 Juni 2022 bertempat di Kawasan Samota Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pihak MXGP menggandeng PT Sport Talenta Indonesia selaku Panitia lokal.

Atas dipilihnya NTB sebagai tuan rumah, tentu saja disambut antusias Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bahkan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah kerapkali menyampaikan informasi terkini seputar giat persiapan menyambut MXGP Samota.”Bendera dari negara-negara peserta MXGP sudah ditancapkan dan berkibar di arena MXGP di SAMOTA !
Ini beneran ya ?,”tulis Gubernur dalam status di semua akun media sosialnya seperti facebook, instagram dan twitter.

Gubernur pun menuturkan begini.”Dulu ketika kita masih kecil, kalau ditanya mau jadi apa, enteng saja kita mengatakan mau jadi presiden, mau jadi dokter, mau jadi Pilot, Mau jadi Tentara dll

Semakin kita dewasa, lingkungan berhasil mengebiri cita-cita dan mimpi-mimpi besar kita tentang hidup dan kehidupan ini.

Semakin kita dewasa semakin takut kita jadi Bupati, Gubernur apalagi jadi Presiden.

Semakin takut jadi orang kaya. Semakin takut kita jadi ini dan itu..
Padahal tanpa mimpi dan cita-cita yang menggairahkan,
Tanpa cita-cita dan mimpi yang menyulut semangat, kita sebenarnya telah mati.
Istilahnya Ebiet G Ade Kita telah mati di dalam hidup..

Memang, tragedi paling mengerikan bagi manusia di abad moderen ini adalah hilangnya keberanian untuk bermimpi dan bercita2 besar itu…

Where there is a will, there is a way !
Kalau ada niat dan kemauan, Allah akan hidangkan banyak jalan buat kita!,”demikian Bang Zul.

Publik pun mulai merespons beragam pelaksanaan MXGP Samota Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:  Sah! NTB-NTT Tuan Rumah PON 2028

Sebut saja Muhlisin yang mengungkapkan pandangan dan ekspektasinya mengenai MXGP di Samota Sumbawa.
Dalam status terbaru di akun facebooknya, Muhlisin menulis komentarnya berjudul MXGP, Sumbawa Harus Percaya Diri.

Inilah komentar lengkap Muhlisin!

Perhelatan MXGP di depan mata. Bendera dari negara peserta MXGP sudah berkibar di Samota, Sumbawa. Dalam waktu dekat, Sumbawa menjadi pusat perhatian dunia.

Para croser dunia akan berkumpul di Samota, mereka bersiap menggaruk tanah Samawa. Untuk itu kita harus bersiap, harus percaya diri, wajib menjadi tuan rumah yang baik. Tak perlu jauh-jauh untuk belajar, kita cukup belajar di Mandalika.

Mendalika yang telah di siapkan sejak lama sebagai tuan rumah MotoGP, masih ada kekurangan, banyak masukan dari berbagai pihak. Lalu bagaiman dengan Samota?
Persiapannya cukup singkat, fasilitas pendukung masih minim.

Sumbawa tak perlu berkecil hati, berkat MXGP, fasilitas publik mulai diperbaiki. Landasan pacu untuk pesawat logistik MXGP mulai dipertebal. Pelabuhan badas dipercantik, fasilitas kesehatan dilengkapi. Alhamdulillah.

Lalu bagaimana dengan penginapan.? Sekali lagi, kita harus belajar di Mandalika, meski hotel berbintang hingga homestay sangat banyak, tetap saja tidak bisa menampung semua penonton MotoGP.

Sehari sebelum Event MotoGP, saya keliling disekitar Mandalika, ada ribuan Camping Ground, meski tarifnya cukup mahal, satupun tidak ada yang kosong, semua dibooking habis.. bahkan, ada salah satu sekolah, menyewakan tenda untuk menginap, hasil sewanya dipakai mempercantik sekolah. Ini bagus.!

Teman-teman Sumbawa perlu mencontoh itu, dalam waktu yang sangat singkat, tak mungkin membuat hotel berbintang. Usaha Camping Ground perlu diperbanyak, terutama disekitar Samota. Pasti laku. Bayangkan, puluhan ribu manusia dari segala penjuru dunia akan datang ke Sumbawa.
Cukup siapkan tenda, matras hingga toilet portabel. Apalagi kalau ada paket Ngegrill😁. Ikan, ayam, bahkan sapi Sumbawa pasti laris manis😊.

Yang tak kalah penting masalah keamanan. Kita semua harus ambil bagian. Siapapun yang ingin merusak atau menghalangi Event tersebut, kita jelaskan dengan baik-baik, beri pengertian, kalau masih tak paham, wassalam..

Kalau masalah cuaca, saya rasa teman-teman Sumbawa tak perlu jauh-jauh mendatangkan pawang hujan. Gurunya guru itu ada di Sumbawa 😁

Saya sudah tak sabar menyaksikan MXGP di Sumbawa tanggal 26 Juni 2022 mendatang..
Mudah-mudahan ada tiket gratis
😉”Demikian Muhlisin.

BACA JUGA:  Jokowi: Sepak Bola Indonesia Terhindari Sanksi FIFA

Menghormati Negara Peserta

Meski belum digarap, bendera peserta Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) Sumbawa 2022 sudah mulai berkibar.

Bendera-bendera peserta tersebut nampak dipasang di samping Jalan Samota, Sumbawa.
Bendera tersebut dipasang berfungsi untuk menghormati para peserta MXGP Sumbawa 2022.

Sebelumnya, Pemkab Sumbawa merencanakan 20 bendera asing dan satu bendera Indonesia dikibarkan di empat lokasi.
Lokasi itu adalah Pelabuhan Badas, Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Kantor Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan Lokasi MXGP.

BACA JUGA:  Tiket MotoGP Mandalika Seharga Rp 15 Juta Terjual Habis

Sejauh ini, kantor Pemkab Sumbawa dan lokasi MXGP yang benderanya sudah dikibarkan.
Meski begitu, kurang lebih ada empat bendera yang belum terpasang hingga (26/03/2022).

Untuk Pelabuhan Badas, saat ini belum ada perkembangan signifikan terkait pemasangan bendera.

Nantinya bendera tersebut akan dikibarkan hingga MXGP Sumbawa digelar pada 26 Juni 2022.

Setelah MXGP Sumbawa, Indonesia kembali jadi tuan rumah gelaran MXGP of Jakarta pada 3 Juli 2022. Siplah. (EditorMRC)