10 Penyanyi India Legendaris, Siapa Mereka?

MATARAMRADIO.COM – Film India tidak bisa dipisahkan dengan Original Soundtrack Film (OST) yang berisi lagu-lagu dengan lirik dan musik yang selalu membuat terkesima para penikmatnya. Bahkan tidak jarang, lagu-lagu yang menghiasi film tersebut membuat para aktor-aktrisnya semakin dipuja dan dipuji, termasuk ikut mendongkrak popularitas film.

Namun, tahukah anda siapa penyanyi dari soundtrack film Kuch Kuch Hota Hai yang melambungkan nama Shah Rukh Khan, Rani Mukherjee dan Kajol.  film SHOLAY yang melambungkan nama Amitabh Bachchan dan Darmendra era 80-an atau film DIL yang diperankan Amir Khan dan Madhuri Dixit. Inilah 10 penyanyi India legendaris hasil penelusuran MATARAMRADIO.COM!

 

1.Kishore Kumar

Kishore Kumar tidak diragukan lagi adalah salah satu penyanyi playback terkemuka di sinema India dan kontribusinya pada industri film India sangat signifikan. Dia telah memenangkan 8 penghargaan Filmfare dan banyak penghargaan lainnya. Sampai saat ini Kishore Kumar lahir sebagai Abhas Kumar Ganguly, tetap menjadi salah satu penyanyi paling berbakat dari industri film India. Selain menjadi penyanyi ikonik perfilman India, ia juga seorang aktor, penulis, dan sutradara yang baik.

Dia memulai karir menyanyinya dengan film Ziddi pada tahun 1948 dan memiliki lebih dari 2500 lagu atas nama pribadinya yang secara universal dicintai oleh penonton dari setiap kelompok umur. ‘Roop tera mastana‘ dari film Aradhana (1970), ‘Chingari koi bhadke‘ dari Amar prem (1972), Chookar mere man ko’ dari Yaarana (1981) adalah beberapa dari banyak lagu kenangannya.

 2.Mohammad Rafi

Mohammad Rafi atau Mohd Rafi dianggap sebagai salah satu penyanyi terbesar dalam perfilman India. Dia dikenal sebagai penyanyi serbabisa. Menyanyikan lebih dari 4000 lagu dan telah memenangkan enam penghargaan Filmfare sebagai penyanyi playback.

Mohd Rafi memulai karir menyanyinya pada pertengahan 1940-an untuk OST film Gaon ki Gori (1945) dan Pehla Aap (1944). Dia telah bekerja dengan banyak komposer musik terkemuka India seperti Naushad, S.D. Burman, R.D.Burman, O.P.Nayyar, Shankar Jaikishen.

Lagu-lagunya yang terkenal termasuk ‘Chaudhavin ka chand‘ dari Chaudhavin ka chand (1960), ‘teri pyaari pyaari surat‘ dari film Sasural (1961 ), ‘kya hua tera vada‘ dari Hum kisise kum nahi (1977).

 3. Lata Mangeshkar

Dikenal sebagai penyanyi Bulbul India, Lata Mangeshkar adalah salah satu penyanyi film India yang paling menonjol dan sangat dihormati. Dia telah memenangkan penghargaan yang tak terhitung banyaknya termasuk empat penghargaan Filmfare untuk penyanyi playback dan dua penghargaan khusus Filmfare India.

Karir menyanyi playbacknya dimulai pada pertengahan 1940-an untuk mengisi OST film seperti Aap ki seva mein (1946) dan Badi maa (1945). Dalam karir menyanyinya, yang berlangsung selama tujuh dekade, ia telah bekerja dengan hampir semua komposer musik termasuk Naushad, S.D. Burman, R.D. Burman, Laxmikant Pyarelal, Jatin Lalit, A.R. Rahman. Lagu-lagunya ‘Aaja re pardesi’ dari Madhumati (1959) dan ‘Lag ja gale’ dari Woh kaun thi (1964) adalah beberapa dari banyak lagu abadinya. Lata Mangeskhar mengisi OST India sejak era 40-an hingga sekarang.

BACA JUGA:  Haji Odink: Radio is My Life!

Banyak lagunya yang sangat terkenal dan akrab di telinga penikmat lagu India di seluruh dunia. Bahkan Raja dangdut Rhoma Irama juga pernah mengajak Lata Mangeskhar membuat proyek album khusus yang mengabadikan lagu-lagu India dinyanyikan Lata Mangeskhar.

4. Asha Bhosle

Asha Bhosle menjadi salah satu penyanyi India legendaris wanita yang tak bisa dianggap sebelah mata. Kontribusinya dalam mendongkrak popularitas Film India tak perlu diragukan lagi. Asha Bhosle memulai karirnya di awal 1950-an. Meskipun pada awalnya, lagu-lagu yang dinyanyikan Asha tidak terlalu sukses.Film yang memberinya pengakuan sebagai penyanyi playback adalah B.R. Naya Daur karya Chopra (1957).

Dalam enam dekade karirnya yang panjang, Asha Bhosle telah memenangkan tujuh penghargaan ajang bergengsi India Filmfare dan telah berkolaborasi dengan hampir semua komposer musik terkenal dari sinema India termasuk O.P. Nayyar, S.D. Burman, R.D. Burman, Kalyanji Anandji, Jatin Lalit dan A.R. Rahman. Beberapa dari  lagu Asha Bhosle yang mendunia di antaranya ‘piya tu ab toh aaja’ dari OST Caravan (1971), ‘Chura liya hai tumne jo dil ko‘ dari OST Yaadon Ki baarat (1973) dan ‘Do lafzon ki hai dil ki kahani‘ dari  OST The great Gambler (1979).

 5.     Udit Narayan

Udit Narayan menjadi salah satu penyanyi India paling ikonik era 90-an. Dialah penyanyi dibalik sukses film Kuch-Kuch Hota Hai yang booming di tahun 1997 dan mengangkat kembali popularitas film India di berbagai belahan dunia. Belum lagi Mohabbatein, MANN dan masih banyak lagi yang lainnya.

Udit Narayan memulai karirnya sebagai penyanyi playback untuk OST Film Unees Bees tahun 1980. Namun Udit Narayan mulai terkenal sejak keterlibatannya dalam OST film Qayamat se Qayamat tak pada tahun 1988 yang membawanya meraih anugerah Fimfare selama enam kali. Belum lagi anugerah Padma Bhushan (2016) dan Padma Shri (2009).

Beberapa dari banyak lagunya yang terkenal di antaranya  ‘Pehla Nasha‘ dari Jo Jeeta Wohi Sikandar (1992), ‘Papa Kehte Hai‘ dari Qayamat se Qayamat Tak (1988), ‘jaadu teri nazar’ dari OST Darr (1993) dan hingga kini masih menjadi penyanyi produktif dalam blantika musik India. Selamat!

BACA JUGA:  Selamat Jalan Al Mahsyar, Musisi Legendaris Lombok!

6. Kumar Sanu

Sama halnya dengan Udit Narayan, nama Kumar Sanu juga tidak asing sebagai penyanyi legendari India era 90-an. Hampir semua film yang dirilis era 90-an tidak bisa lepas dari kiprah Kumar Sanu sebagai Pengisi OST. Namun sebenarnya Kumar Sanu telah memulai karir menyanyinya sejak akhir 80-an dengan nama asli Kedamath Bhattacharya.

Dia kemudian mengubah namanya menjadi Kumar Sanu sebagai penghargaannya kepada penyanyi idolanya Kishore Kumar. Kumar Sanu telah memenangkan lima penghargaan Filmfare berturut-turut yang merupakan rekor tersendiri. Beberapa dari banyak lagunya yang berkesan termasuk Aye kash ke hum dari OST film Kabhi haan kabhi na (1993), ‘Yeh kaali kaali ankhen’ dari OST Baazigar (1993), Jo haal dil ka dari OST Sarfarosh (1999).

7. Alka Yagnik

Nama Alka Yagnik masuk dalam deretan penyanyi wanita India legendaris. Sepanjang karirnya sejak era 80-an hingga sekarang, Alka Yagnik menyanyikan tidak kurang dari 20.000 judul lagu untuk berbagai OST film India. Tak heran, Alka Yagnik berhasil menyabet sedikitnya tujuh penghargaan film bergengsi India Filmfare Award termasuk dua penghargaan film nasional atas namanya sendiri.

Alka Yagnik memulai karirnya sebagai penyanyi playback pada tahun 1980 untuk OST Film Payal ki jhankaar, tetapi terobosan besar dalam karirnya dimulai ketika menyanyikan lagu ‘ek do teen‘ untuk OST Tezaab pada tahun 1988. Juga berduet dengan Udit Narayan untuk OST film Qayamat se Qayamat Tak di tahun yang sama. Lagu-lagunya yang paling terkenal termasuk Kuch Kuch Hota Hai dari OST Kuch Kuch Hota Hai (1998), Jadu hai dari OST Ghulam (1998), Hum Tum dari OST Hum Tum (2004) dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Sonu Nigam

Nama Sonu Nigam juga tidak asing dalam blantika musik India. Penyanyi plamboyan yang satu ini, menjadi salah satu penyanyi playback film India fenomenal dalam tiga dekade terakhir.

Sepanjang karir sebagai penyanyi Soundtrack film, Sonu Nigam terlibat tidak kurang dari 80 OST film Bollywood sejak awal 90-an. Belum lagi 20 album musik. Dia juga berhasil menyabet lima penghargaan Filmfare Awards. Sonu Nigam mengawali karir menyanyikan lagu soundtrack film India dengan hits ‘O aasmaan wale‘ untuk OST Aaja meri jaan (1993).

Setelah itu suaranya menghiasi banyak film Box Office India terkenal seperti  ‘Kal ho Na ho’ dari OST Kal ho Na ho (2003), Mai agar Kahoon dari OST Om shanty Om (2007), ‘Chori kiya Re jiya’ dari OST Dabangg (2010) dan masih banyak lagi yang lain.

BACA JUGA:  Akshay Kumar Umumkan Dirinya Kena Covid 19

 9. Shreya Ghosal

Bagi penikmat musik India terutama era 2000-an, nama Shreya Ghosal tentu tidak asing lagi. Shreya menjadi salah satu penyanyi wanita India yang namanya cukup kesohor.

 Dia memulai karirnya di perfilman Bollywood pada awal 2000-an dengan menyanyikan 5 lagu untuk OST Devdas (2002) karya Sanjay Leela Bansali dan kemudian memantapkan dirinya sebagai salah satu penyanyi playback terkemuka Bollywood.

 Selain menjadi penyanyi playback terkemuka India era milenial, ia juga menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Marathi, Malyalam, Telugu, Tamil, Bengali, Oriya, Gujrati, Nepal, Asam, Bhojpuri, Punjabi dan Tulu.

 Shreya Ghosal telah menjadi salah satu penyanyi paling terkenal dalam dua dekade terakhir dan telah memenangkan tujuh penghargaan filmfare dan banyak penghargaan lainnya. Yeh ishq haye dari OST Jab we meet (2007), Dhoom Machale dari OST Doom (1995), Saans dari OST Jab tak Hai Jaan (2012), ghoomar dari OST Padmavat (2018) adalah beberapa dari banyak lagu popular yang dinyanyikan Shreya Goshal.

 10. Arijit Singh

 Namanya melejit setelah menyanyikan lagu Tum Hi Ho dan  Chahun Main Ya Naa untuk OST Asshiqui 2. Arijit Singh menjadi salah satu penyanyi pria India paling ikonik era milenial.  Bahkan dinobatkan sebagai penyanyi streaming India terlaris 2020, penyanyi solois paling banyak penggemarnya versi Spotify.

Dalam perjalanan karirnya, Arijit Singh yang lahir pada 25 April 1987 ini ternyata pernah juga mengikuti ajang pemilihan bakat Fame Gurukul India pada tahun 2005 dan hanya bertahan hingga posisi keenam lalu tereliminasi. Tapi siapa sangka, Arijit Singh hari ini tercatat sebagai penyanyi playback film India dengan honor termahal.

 Arijit Singh tidak diragukan lagi adalah penyanyi paling terkenal dalam dekade ini. Dalam beberapa tahun terakhir, jarang ada album film yang dirilis tanpa lagu Arijit Singh di dalamnya.

Dia memulai karir menyanyi playback dalam film ‘Murder 2’ pada tahun 2011 dan telah memenangkan enam penghargaan filmfare dan banyak penghargaan lainnya selama bertahun-tahun. Beberapa dari banyak lagu populernya adalah ‘phir mohobat‘ dari OST Murder 2 (2011), Raabta dari OST Agent vinod (2012), kabira dari OST Yeh jawani hai deewani (2013), Mast magan dari OST 2 States (2014), soch na sake dari OST Airlift (2016). Arijit Singh sering disebut-sebut sebagai salah satu penyanyi terbaik yang pernah ada di industri musik India dan Pakistan dan telah membangun basis penggemar yang besar di seluruh Asia Selatan. (EditorMRC)