NTB Ingin Sukses Jadi Episentrum Sport Tourism Kelas Dunia

MATARAMRADIO.COM – Sukses penyelenggaraaan WSBK 2021 dan MotoGP 2022 diharapkan akan terulang lagi pada event MXGP of Indonesia yang akan dilaksanakan pada 24-26 Juni 2022 di Samota Adventure Land Sumbawa.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengaku optimis bahwa daerah yang dipimpinnya mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan MXGP 2022.
Hal tersebut terlihat dari persiapan pihak panitia animo masyarakat lokal khususnya Warga Sumbawa yang merasa bangga daerahnya jadi tuan rumah.

Disebutkan, terpilihnya Samota sebagai lokasi MXGP karena dinilai venue keindahan alam di kawasan Samota memang luar biasa. Karena itu ndak salah Sirkuit ini terbilang sebagai sirkuit terindah dunia saat ini karena venue alamnya yang cukup menarik siapa saja.

BACA JUGA:  Romain Febvre Juara MXGP Samota Sumbawa

“Kita berharap dengan digelarnya event MXGP ini akan berdampak ekonomi bagi masyarakat NTB, khususnya masyarakat sekitar seperti efeck domino secara ekonomi yang dirasakan masyarakat saat digelarnya WSBK dan MotoGP di Mandalika. Terlebih saat itu dalam kondisi pandemic Covid-19 yang masih terjadi,” jelasnya seperti dikutip MATARAMRADIO.COM dari laman resmi ntbprov.go.id.

Gubernur memberi gambaran dan mengajak semua pihak membayangkan efek domino yang ditimbulkan.

“Coba bayangkan efeck ekonomi di WSBK dan MotoGp dari data BPS perputaran uang hingga Rp600 Miliar lebih. Bahkan menurut catatan pemerintah sendiri, perputaran uang mencapai triliunan rupiah. Kita ingin dampak ekonomi MXGP ini akan bisa mensejahterakan masyarakat. Semua itu juga hasil kerja keras bersama mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan dalam event tersebut,” imbuh Bang Zul.

BACA JUGA:  Argentina 6 Kali Masuk Final Piala Dunia

Euforia masyarakat Sumbawa, NTB bakal digelarnya MXGP ini sungguh luar biasa. Digelarnya event bergengsi ini menjadi suatu kebanggaan bagi daerah dan masyarakat karena event internasional sekelas MXGP bisa digelar di Samota.

“Hal ini wajar mengingat kawasan Samota memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa dan potensi pariwisata, pertanian dan budayanya juga mengiringi. Sirkuit ini Pemandangannya alami bak theater dalam sebuah kubangan dilengkapi Pulau Moyo yang sudah kesohor di dunia. Harapannya tentu para investor akan makin tertarik berinvestasi di NTB,” ujar Bang Zul.

BACA JUGA:  Febvre dan Geerts Juara MXGP Lombok

Gubernur juga menyampaikan event-event lokal, nasional, Asean, Asia dan internasional seperti sport tourism semacam ini akan banyak digelar di NTB baik yang ada di Sirkuit Mandalika maupun pasca MXGP Sumbawa.

“Harapannya agar sirkuit yang sudah dibangun tidak menjadui mubazir. Eevent-event selanjutnya akan terus digelar dan ini bisa menjadi desgtinasi baru bagi pariwisata kita dengan cara masyarakat memanfaatkan moment seperti ini dengan sebaik-baiknya,”pungkasnya.(EditorMRC)