Lebih Dekat dengan Johnny Lever: Raja Komedi Bollywood

MATARAMRADIO.COM – Suksesnya Industri perfilman India atau Bollywood tidak bisa dipisahkan dari peran para aktor dan aktrisnya. Apalagi untuk urusan peran kocak yang bisa mengocok perut penonton karena lucu dan konyolnya. Ada beberapa aktor komedi Bollywood yang pernah ada.  Tahukah anda siapa Raja Komedi Bollywood? Ya, siapa lagi kalau bukan Johnny Lever.

Johnny Lever yang punya nama asli John Prakash Rao Janumala akan berusia 65 tahun pada 14 Agustus 2022 mendatang. Dia adalah aktor dan komedian India terkenal karena peran-perannya dalam perfilman Bollywood.

Johnny Lever adalah salah satu komedian stand-up pertama di India. Penerima berbagai penghargaan, termasuk 13 nominasi Penghargaan Filmfare dalam Penghargaan Filmfare untuk Penampilan Terbaik Peran Komedi. Dia juga memenangkan penghargaan dua kali, untuk perannya dalam Deewana Mastana (1997) dan Dulhe Raja (1998). Memulai karirnya pada tahun 1984, dan telah berakting di lebih dari 300 judul film India.

Asal Mula Nama Johnny Lever

Johnny Lever lahir pada 14 Agustus 1957 dalam keluarga Kristen Telugu di Prakasam, Andhra Pradesh. bekerja sebagai operator di pabrik Unilever India sebagai buruh pabrik selama enam tahun. Lever dibesarkan di area King’s Circle di Dharavi di Mumbai.

Bahasa ibunya adalah Telugu dan fasih berbahasa Hindi, Marathi, Inggris, dan Tulu. Johnny Lever menjadi anak tertua di keluargnya, yang terdiri dari tiga saudara perempuan dan dua saudara laki-laki (termasuk adik laki-lakinya Jimmy Moses). Lever pernah sekolah di SMA Andhra English Society Andhrapradesh  hingga kelas tujuh dan memilih berhenti karena masalah keuangan keluarganya.

Dia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan sekolah dan mulai bekerja sambilan, seperti menjual pulpen di jalanan Mumbai dengan gaya jualannya yang khas, berakting meniru beberapa bintang Bollywood terkenal saat itu dan menari mengikuti lagu-lagu bintang Bollywood idolanya.

Johnny Lever juga menghabiskan masa mudanya di Yakutpura, sebuah kota tua Hyderabad, di mana dia bekerja di Perusahaan Unilever dan belajar menjadi pelawak yang selalu heboh.

Selama bekerja di Perusahaan  Unilever India, dia juga kerap menirukan beberapa pejabat senior perusahaaan itu. Dan dari sinilah,  ia mendapatkan nama julukan baru dari teman-teman pekerja yang lebih senang menyapanya dengan panggilan akrab Johnny Lever yang belakangan dijadikan nama besarnya selama berkarir sebagai bintang layar lebar perfilman Bollywood.

Karir Dunia Hiburan

Johnny Lever mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi pelawak Stand up Comedy pada pertunjukan musik Orkestra Tabassum Hit Parade yang membuat namanya mulai dikenal orang. Lever kemudian bergabung dengan grup Kalyanji-Anandji, duo pengarah musik kondang Bollywood. Seiring ketenarannya, Johnny Lever juga mulai tur keliling dunia dengan duo pemusik India itu. Salah satu tur besar pertamanya adalah dengan aktor legendaris Amitabh Bachchan pada tahun 1982. Sejak tampil dengan Mr Big B, aktor Sunil Dutt kepincut dan memperhatikan bakat serta potensi Johnny Lever dan menawarinya main film sekaligus debut perdananya dalam film Bollywood berjudul Dard Ka Rishta.

Johnny Lever juga masuk dapur rekaman untuk membuat kaset lawak  berjudul Hasi Ke Hangame yang ternyata diminati khalayak luas. Lever pun kebanjiran proyek pembuatan iklan komersial, diantaranya iklan dupa merk Kachua chhap, yang disutradarai Shekhar Kapur.

BACA JUGA:  Dirilis Album Sasak The Best Of Erni Ayuningsih

Pada tahun 1986, ia tampil mengisi acara amal Hope 86 di depan anggota industri perfilman Bollywood. Bakatnya makin diakui dan membuat tertarik produser film Gul Anand yang menawarinya main film berjudul Jalwa, bersama aktor kondang Naseeruddin Shah.

Karier Film

Debut perdana Johnny Lever dalam film Bollywood berjudul Dard Ka Rishta.

1980-an

Lever mendapatkan terobosan pertamanya dalam Tum Par Hum Qurban, di mana aktris veteran Baby Tabassum menampilkan  putranya Hoshang Govil sebagai aktor utama.

Setelah itu, dia bermain dalam film Dard Ka Rishta atas perhatian dan kesempatan yang diberikanTabassum serta mendiang Sunil Dut.

Sejak itu, Johnny Lever telah bermain lebih dari 350 judul film, diantaranya Tezaab, Kasam, Khatarnak dan Kishen Kanhaiya. Setelah Dard Ka Rishta, dia juga main dalam film Jalwa, Hero Hiralal dengan Naseeruddin Shah.

1990-an

Debut suksesnya dimulai ketika ikut main dalam film Baazigar, dan selalu mendapatkan peran aktor komedi sesudahnya. Toh, dia tetap menggelar pertunjukan langsung atau live event komedi di sela main film.

Salah satu pertunjukan langsungnya yang paling berkesan adalah meniru penyanyi pop dunia Michael Jackson pada Penghargaan Filmfare 1999.

Penampilan Johnny Lever yang paling diakui adalah karakter “Babulal” dalam film Baazigar yang disutradarai Abbas-Mustan.

Johnny Lever juga ikut membintangi film Deewana Mastana, sebuah film komedi romantis berbahasa Hindi India 1997 yang disutradarai David Dhawan. Film ini dibintangi Govinda, Anil Kapoor, dan Juhi Chawla sebagai peran utama. Johnny Lever bersama Anupam Kher, Reema Lagoo, Shakti Kapoor, Saeed Jaffrey, dan Kader Khan sebagai pemain pendukung, sementara Salman Khan tampil untuk peran khusus. Film ini didedikasikan untuk Manmohan Desai. Film ini diadaptasi dari komedi Hollywood 1991, What About Bob? Siapa sangka Johnny Lever menerima penghargaan Filmfare untuk Komedian Terbaik untuk penampilannya di film ini. Film ini sukses setelah dirilis.

Sukses kembali diraihnya sebagai peraih Komedian terbaik filmfare award 1998 atas perannya  dalam film Dulhe Raja, sebuah film komedi berbahasa Hindi yang dibintangi Govinda, Raveena Tandon, Kader Khan, Johnny Lever, Prem Chopra dan Asrani.

BACA JUGA:  Nikita Menangis Histeris, DiBebaskan Hakim Dari Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Pada tahun 2002, Johnny Lever kembali meraih penghargaah serupa di ajang Zee Chine Awrads untuk peran kocaknya dalam film

Love Ke Liye Kuch Bhi Karega, sebuah film komedi kriminal berbahasa Hindi  2001 yang disutradarai oleh Eeshwar Nivas dan diproduksi oleh Ram Gopal Varma dan Nitin Manmohan. Film ini dibintangi Saif Ali Khan, Fardeen Khan, Sonali Bendre, Twinkle Khanna, Aftab Shivdasani dan Johnny Lever sebagai pemeran utama.

Film ini pula yang melambungkan nama Johnny Lever dengan perannya sebagai Aslam Bhai sekaligus menjadi salah satu judul lagu OST film tersebut yang dinyanyikan Sonu Nigam.

2010-an

Dia juga berakting dalam film Tulu, Rang. Film fitur Tamil pertamanya adalah Anbirkku Alavillai yang dirilis pada tahun 2011. Dia juga membintangi sebuah film Kannada, Gara.

Film Terkenal Johnny Lever:

Deewane Huye Pagal, Ek Haseena Ek Deewana, Padmashree Laloo Prasad Yadav, Hatya, Meri Biwi Ka Jawaab Nahin, Janasheen, Market, Koi Mil Gaya, Chalte Chalte, Andaaz, Indian Babu, Kucch To Hai, Chalo Ishq Ladaaye, Karz, Ankhiyon Se Goli Maare, Humraaz, Awara Paagal Deewana, Tumko Na Bhool Paayenge, Yeh Dil Aashiqanaa, Aamdani Atthanni Kharcha Rupaiya, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Ajnabee, Lajja, Asoka, Nayak, Chori Chori Chupke Chupke, Aashiq, Farz, Raju Chacha, Beti No.1, Shikari, Fiza, Hamara Dil Aapke Paas Hai, Tera Jadoo Chal Gayaa, Deewane, Joru Ka Ghulam, Hum To Mohabbat Karega, Dil Hi Dil Mein, Hadh Kar Di Aapne, Badal, Phir Bhi Dil Hai Hindustani, Dulhan Hum Le Jayenge, Kaho Naa… Pyaar Hai, Mela, Krodh

Karier Televisi

Johnny Lever pertama kali muncul dalam sebuah episode sitkom Zabaan Sambhalke sebagai Johnny Utolandand pada 1993. Dia juga muncul di Zee TV dalam acaranya sendiri, Johny Aala Re.

Pada tahun 2007, ia tampil sebagai juri di acara stand-up reality show Comedy Circus.

 Pada tahun 2017 Lever bergabung dengan para pemeran Mitra sebagai Komisaris Googol Chatterjee.

Dia menjadi presiden MAAM (Mimicry Artist Association Mumbai), dan telah melakukan ribuan tur dan pertunjukan langsung di seluruh dunia.

Kehidupan Pribadi dan Keluarga

Johnny Lever menikahi Sujatha Lever pada tahun 1984 dan memiliki dua anak Jamie dan Jessy. Adik laki-lakinya, Jimmy Moses, juga seorang komedian dan seniman mimikri atau tukang tiru.

Lever adalah seorang penganut Kristen yang taat. Ketika ditanya tentang transisinya, Lever menjawab: “Itu adalah kehendak Tuhan. Saya selalu menjadi orang yang religius. Satu kejadian mengubah hidup saya. Anak saya didiagnosa menderita tumor tenggorokan. Saya tidak berdaya dan meminta bantuan Tuhan. Saya berhenti bekerja di film dan menghabiskan seluruh waktu saya berdoa untuknya. Sepuluh hari kemudian, ketika dia dibawa untuk tes, para dokter terkejut karena kankernya telah lenyap. Itu adalah awal dari kehidupan baru bagi saya,”kenangnya seperti ditulis Wikipedia.

BACA JUGA:  Apa Kabar Penyiar Legenda Angga Radesa?

Dalam wawancara khusus dengan financialexpress.com, 20 tahun lalu, Johnny Lever banyak bercerita bagaimana peran seorang istri yang bisa membuatnya sukses dalam karir di dunia film Bollywood.” Hanya istri saya yang menonton film saya. Jadi dia memberi tahu saya apakah saya baik atau buruk. Apa pentingnya baginya? Saya harus melakukan apa yang harus saya lakukan. Tetapi selama tiga tahun terakhir, dia tidak memberi tahu saya apa pun, jadi saya pikir saya melakukan pekerjaan dengan baik sekarang! Anak-anak saya, tentu saja, menyukainya-saya ayah mereka,”tandas Johnny Lever dengan gaya khasnya yang selalu melucu.

Kagum dengan London

Johnny Lever juga blak-blakan menceritakan perjalanan turnya keliling dunia dan mengaku kepincut dengan Kota London Inggris yang baginya sangat istimewa. “Saya paling mencintai London di seluruh dunia. Saya selalu memastikan bahwa saya memiliki visa ke Inggris setiap saat Apakah saya melakukan pertunjukan atau tidak, datang ke London selalu sangat penting. Putri dan putra saya, belajar di sini di University of Westminster. Saya datang ke London untuk pertama kalinya pada tahun 1997 dan sejak itu saya datang ke London,”terangnya dikutip MATARAMRADIO.COM dari bollynewsUK.com.

 Lever juga mengklaim bahwa dia telah belajar banyak dari Inggris dan ibukotanya. Dia kagum melihat orang-orang yang dia temui di London sangat pekerja keras: “Saya telah belajar banyak dari kota ini. Saya mengatakan ini dari lubuk hati saya yang paling dalam .  karena saya telah belajar banyak dari Inggris. Jika saya sukses, maka Inggris memainkan peran penting di dalamnya. Ada banyak orang lain yang telah memainkan peran penting dalam membuat saya sukses tetapi Inggris pasti memilikinya. Saya telah belajar kerja keras dan kejujuran dari Inggris. Saya datang ke Inggris dengan Amitabh Bachchan untuk sebuah pertunjukan di Wembley. Setelah melakukan pertunjukan, saya duduk di sana dan mengamati semuanya. Mereka bekerja di sana dan mereka melakukan semua pekerjaan mereka begitu cepat dan pergi. Jika itu terjadi di negara kami, kami akan menjadi negara nomor satu di dunia. Kalian semua sangat beruntung tinggal di sini. Saya mengucapkan selamat kepada kalian. “ Johnny Lever terkenal dengan wajah-wajah lucunya tetapi mengatakan bahwa wajah-wajah itu datang secara alami kepadanya: “Saya tidak membuat wajah-wajah lucu, itu muncul begitu saja secara otomatis. Jika saya pergi ke Restoran, orang akan datang dan berkata, “Johnny Bhai jangan berakting di sini.” Saya memberi tahu mereka bahwa itu wajar. Saya mendapatkan uang untuk berakting, mengapa saya harus berakting di sini secara gratis,”pungkasnya dengan gelak tawa lagi. Anda memang lucu Johnny Lever! (EditorMRC)