1895: Alfred Nobel Wasiatkan Hadiah Nobel

MATARAMRADIO.COM – Ahli Kimia Swedia, Alfred Nobel membuat surat wasiat memberikan hadiah Nobel bila kelak dirinya meninggal dunia. Surat wasiat dibuat pada 27 November 1895.

Alfred meninggal di San Remo, Italia pada 10 Desember 1896. Dalam surat wasiat dan testamen terakhirnya, ia menulis bahwa banyak dari kekayaannya bisa dipakai memberi hadiah kepada yang telah melakukana komite, usaha kemanusiaan di bidang fisika, kimia, sastra, perdamaian, fisiologi dan obat-obatan.
Tak semua orang menyukai hal ini. Surat wasiatnya ditentang sanaknya dan dipersoalkan pihak berwenang di sejumlah negara, dan memakan empat tahun bagi pengawasnya meyakinkan semua pihak untuk memenuhi harapan Alfred.

BACA JUGA:  1954: Transplantasi Ginjal Manusia Pertama Sukses


Pada tahun 1901, hadiah pertama Nobel dalam fisika, kimia, sastra, fisiologi dan obat-obatan dibagikan di Stockholm, Swedia dan Hadiah Nobel Perdamaian di Kristiania (sekarang Oslo), Norwegia.

Adapun peristiwa penting lainnya antara lain:

1095:  Paus Urbanus II mengabarkan barat untuk merebut kendali atas tanah Suci orang-orang Turki Seljuk di Dewan Clermont, memicu Perang Salib Pertama.

1295 : Raja Inggris Edward I menyebut apa yang kemudian dikenal sebagai “Parlemen Model” memperluas wewenang perwakilannya.

BACA JUGA:  1922 : Arkeolog Inggris Howard Carter Buka Makam Raja Firaun yang Hampir Utuh di Mesir

1493:  Christopher Columbus kembali ke koloni La Navidad, menemukannya dihancurkan oleh pemberontakan penduduk asli Amerika pertama melawan kekuasaan Spanyol. Taíno cacique Caonabo memimpin rakyatnya untuk menyerang pemukiman setelah perlakuan brutal yang mereka terima dari garnisun yang tidak mematuhi perintah Columbus.

1807:  Keluarga Kerajaan Portugis dan istananya yang terdiri dari hampir 15.000 orang meninggalkan Lisbon menuju koloni mereka di Brasil untuk menghindari serbuan pasukan Napoleon.

BACA JUGA:  Hari ini Dalam Sejarah!

2013 : “Frozen” Dirilis Sebagai film Animasi Terlaris Sepanjang Masa, dibintangi oleh Idina Menzel dan Kristen Bell.

1967:  The Beatles merilis album mereka “Magical Mystery Tour”.

1961: Gordie Howe menjadi pemain pertama dalam 1.000 game NHL. (EditorMRC)