1922 : Arkeolog Inggris Howard Carter Buka Makam Raja Firaun yang Hampir Utuh di Mesir

MATARAMRADIO.COM – Sejumlah peristiwa penting dalam sejarah ummat manusia terjadi pada hari ini, 26 November. Salah satunya adalah pembukaan makam Tutankhamun yang hampir sempurna pada 26 November 1922  oleh Arkeolog Inggris Howard Carter.

Ketika makam Raja Tutankhamun dibuka pada 26 November 1922, dunia langsung tunduk di bawah ‘mantranya’.

Bagi para arkeolog masa kini, penjelasan tentang pengultusan Firaun yang kerap disebut Raja Tut itu terletak pada kekayaan luar biasa dari penemuan makam tersebut, terutama karena banyak barang-barang berharga di dalamnya. Belum lagi sisi mistik seputar kematian dini raja muda itu serta Lord Carnarvon, yang mendanai penggalian ini.

BACA JUGA:  Hari ini Dalam Sejarah!

Ketika koleksi terbesar harta karun Tutankhamun dipajang di Galeri Saatchi di London (setelah mencatatkan rekor di Los Angeles dan Paris), temuan itu jelas masih ‘menyihir’ khalayak global pada abad ke-21.

Peristiwa penting lainnya yang tercatat dalam sejarah antara lain:

43 SM : Aliansi Triumvirat Kedua dari pemimpin Romawi Oktavianus (kemudian Caesar Augustus), Marcus Aemilius Lepidus, dan Mark Antony terbentuk.

1778 : Penjelajah Inggris Kapten James Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Maui di Kepulauan Sandwich (sekarang Hawaii).

BACA JUGA:  1979: Pemimpin Tertinggi Iran Juluki Amerika Serikat Setan Besar

1789 : Pengucapan Syukur nasional pertama di Amerika.

1791:  Rapat kabinet AS pertama, diadakan di rumah George Washington di Philadelphia, Pennsylvania. Menteri Luar Negeri Thomas Jefferson, Menteri Keuangan Alexander Hamilton, Sekretaris Perang Henry Knox, dan Jaksa Agung Edmund Randolph hadir.

1865  : “Alice in Wonderland” oleh Lewis Carroll diterbitkan di Amerika.

1922 : Film Technicolor pertama yang sukses (The Toll of the Sea), tayang perdana di Teater Rialto di NYC.

BACA JUGA:  1982: China Umumkan Jumlah Penduduk Tembus Satu Miliar

1942 : “Casablanca” disutradarai oleh Michael Curtiz dan dibintangi oleh pemutaran perdana Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman di Hollywood Theater, NYC (Academy Awards Best Picture 1943).

1945 : Charlie “Bird” Parker memimpin sesi rekaman untuk label Savoy yang dipasarkan sebagai “sesi Jazz terhebat yang pernah ada” bersama Dizzy Gillespie dan Miles Davis.

1917:  Bentuk NHL dengan Montreal Canadiens, Montreal Maroons, Toronto Arenas, Senator Ottawa & Quebec Bulldogs; Asosiasi Hoki Nasional dibubarkan. (EditorMRC)