Pemkot Mataram Dukung Aspirasi IPHI Miliki Kantor Tetap dan Mandiri

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram mendukung aspirasi jajaran pengurus daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram untuk memiliki kantor tetap dan mandiri dalam tata kelola kelembagaannya.

Hal ini mencuat ketika Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PD IPHI Kota Mataram, yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag, Mataram.

Pada sesi sambutan sekaligus pembukaan kegiatan, Wawali yang juga merangkap Ketua PD IPHI Kota Mataram, menyampaikan amanat jajaran pengurus dan anggota yang diantaranya memiliki bangunan kantor tetap, mandiri dalam tata kelola finansial agar tidak ansih atau bergantung pada subsidi anggaran daerah, serta ingin memiliki usaha baik di sektor usaha perniagaan dan lainnya sebagai sumber penerimaan dan sumber anggaran IPHI.

BACA JUGA:  Enam Unsur Dimensi Smart City Hasilkan Program Unggulan

Tak pelak, pernyataan Sang Ketua itu disambut aplaus para jajaran dan anggotanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali juga memuji segala upaya jajaran PD IPHI Kota Mataram demi terlaksananya kegiatan rakerda.

Bahkan, menurutnya, penyelenggaraan rakerda PD IPHI Kota Mataram ini merupakan kegiatan yang perdana di NTB. Sementara di lembaga serupa lainnya masih belum mempersiapkannya.

BACA JUGA:  Pemkot Mataram Gempur Rokok Ilegal (Jilid 1)

“Kita harapkan nantinya melalui rakerda (IPHI) ini mampu menghasilkan kerangka utuh dalam menjalankan program-program kerja yang tertuang dalam visi misi maupun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) IPHI Kota Mataram,” urai TGH Mujiburrahman di hadapan forum yang dihadiri Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPHI Provinsi NTB H Sukiman Azmy, Kepala Kemenag Kota Mataram H Muhammad Amin, Ketua dan jajaran Pengurus Daerah IPHI Kota Mataram, OPD lingkup Kota Mataram, perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat se-Kota Mataram.

Hal ini, lanjutnya, dinilai penting mengingat IPHI memiliki kepengurusan hingga tingkat bawah (bottom up), yaitu kecamatan dan kelurahan, yang secara tidak langsung akan menguatkan semua program kerja yang telah tersusun secara merata.

BACA JUGA:  Membanggakan, Mataram Langganan Tujuh Kali Predikat WTP

Yang terpenting, kata Wawali, dalam menjalankan roda organisasinya IPHI harus bersandar pada beberapa prinsip dasar, yaitu Mantap Personelnya, Mantap Program
Kerjanya, Mantap Konsolidasinya, dan Mantap Koordinasinya.

“Saya kira, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menjalankan organisasi IPHI, diantaranya Mantap Personelnya, Mantap Program Kerjanya, Mantap Konsolidasinya, dan Mantap Koordinasinya,” tukas Politisi ulung DPD II Partai Golkar Kota Mataram, ini. (MRC-07)