Momentum Hari Pahlawan, Wakil Walikota Mataram Ajak Semua Pihak Lebih Maju

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pada momentum peringatan Hari Pahlawan, tahun ini, Wakil Walikota (Wawali) Mataram Tgh Mujiburrahman mengajak semua pihak untuk makin maju lagi dibanding waktu sebelumnya.

Segenap bangsa dan negara ditantang untuk membuktikan pada dunia bahwa dengan kebersamaan mampu mewujudkan cita-cita para pahlawan.

Karena sesungguhnya Indonesia bukan lah bangsa yang lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah.

“Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama
kita bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan karena kita bukan bangsa lemah yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah,” ujar Wawali ketika membaca sambutan Menteri Sosial (Mensos) RI pada Apel Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Halaman Kantor Walikota Mataram, Rabu (10/11/2021).

BACA JUGA:  Polres Mataram Kembalikan 43 Barang Bukti ke Pemiliknya

Dalam poin sambutan diuraikan pula bahwa Indonesia pernah menorehkan pengalaman kelam, yaitu masa penjajahan atau kolonialisme
panjang yang menyengsarakan anak bangsa. Dan, semuanya tercatat rapi dalam bingkai sejarah nasional.

Berkali-kali perlawanan atau pemberontakan lokal dikibarkan terhadap para kolonialis dalam kurun waktu 350 tahun. Dan sekian abad lamanya terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba kaum kolonialis.

“Ibarat lidi yang kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan, hendaknya kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan),” demikian ulasnya di hadapan peserta dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Mataram.

BACA JUGA:  Mohan Roliskana: Bela Negara Kewajiban semua Komponen Bangsa

Bagi bangsa Indonesia, momen peringatan Hari Pahlawan merupakan kilas balik perjuangan para pahlawan yang dengan gagah berani melawan bom-bardir serangan dari kapal perang, pesawat tempur, kendaraan lapis baja maupun senjata canggih lainnya saja.

Namun lebih dari itu. Walau terkadang berbekal bambu runcing dan keyakinan yang tinggi, nyatanya sanggup mempertahankan kemerdekaan yang berbalut semboyan “merdeka atau mati”.

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami mengajak seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama agar saling bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab serta penghormatan setinggi tingginya atas jasa dan pengorbanan para pahlawan kita,” katanya.

BACA JUGA:  Walikota Minta JCH Kota Mataram Jaga Kebersamaan

Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Pahlawan, 10 November 2021, kali ini yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”.

Kepada seluruh warga bangsa diimbau untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia ke arah lebih baik.

Kondisi Indonesia di masa kini, berpotensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah serta letak geografis yang strategis.

Puncak kegiatan apel tersebut ditandai dengan penyerahan bingkisan oleh Wawali Tgh Mujiburrahman kepada tiga orang veteran yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan. Dan disongsong aplaus dari segenap peserta.(MRC-07)