MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Wakil Gubernur NTB, DR Hj Sitti Rohmi Djalilah meminta TPA Kebon Kongok di kelola menjadi lokasi yang indah dan nyaman dikunjungi siapapun.

“Untuk mendukung penataan kawasan ini, agar DLHK berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk instansi vertikal,” katanya saat mengunjungi TPA Regional Kebon Kongok, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Rabu (3/3/21).
Wagub melihat, kecepatan penumpukan dan pengananan sampah belum seimbang. Karena itu, dibutuhkan space untuk menata TPA Kebon Kongok yang asri sehingga nyaman untuk dikunjungi. “Harus ada win-win solution agar Kebon Kongok sebagai TPA Regional wilayah Nusra bisa lebih tertib,” jelasnya.
Selain itu, Wagub meminta alternatif jalan lain untuk pengangkutan sampah di luar jalur saat ini. Yang tak kalah pentingnya, hilirisasi TPA seperti RDF, SRF, pemilahan sampah untuk pirolisis 5-10 ton/hari, bata plastik , pembuatan kompos juga biogas.
Sementara, untuk tempat Pengolahan Limbah Medis (TPLM) Lemer, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong , Lombok Barat, Wagub mengingatkan DLHK NTB, Muspika Kecamatan dan aparat Desa Buwun Mas terus melakukan sosialisasi agar keberadaan Pabrik Pengolahan Limbah Medis bisa diterima dan tidak merugikan masyarakat. (herikp-kominfotik /MRC)