Segera Dilantik, Komisioner KI NTB Periode 2021-2025

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Setelah tertunda hampir setahun karena pandemi Covid 19, akhirnya proses pergantian Anggota Komisi Informasi (KI) NTB telah selesai. Menyusul hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan Komisi I DPRD NTB baru-baru ini.

Hasil uji kelayakan dan kepatutan Anggota Komisi Informasi (KI) NTB sendiri telah ditetapkan DPRD NTB melalui rapat pleno pada 26 Februari 2021 dengan mengumumkan 10 besar dari 15 calon anggota Komisi Informasi (KI) NTB yang diajukan Pansel eksekutif.

Adapun 10 besar yang diumumkan tersebut yakni Syuaeb SHI,  Drs M Zaini,Asrarudin SAP, Badrun AM, Syansuri SPt MM, Lalu Rohadi Rahman STHI, Hesty Rahayu ST, Hendriadi SE ME, Hendri Salahudin SIP MH dan Syahrul SH MH.

BACA JUGA:  Faktor Lingkungan Pengaruhi Turunnya Angka Stunting

Lima besar anggota KI NTB dipastikan akan dilantik dan dikukuhkan sebagai Anggota Definitif KI NTB yang menurut rencana dilaksanakan pada Kamis (4/3).”Ya rencana besok dilantik (kamis 4 Maret 2021,red),”tulis Kepala Dinas Kominfotik NTB I Gede  Putu Aryadi dalam keterangannya melalui pesan singkat kepada MATARAMRADIO.COM.

Sayangnya, Gde Aryadi yang juga salah satu Pansel eksekutif KI NTB tidak merinci, kapan, jam berapa dan siapa yang akan melantik Komisioner baru KI NTB. Namun seperti kebiasaan, pelantikan komisioner lembaga negara di daerah dilakukan oleh Gubernur NTB.

BACA JUGA:  Dibuka, Pendaftaran Calon Anggota KPID NTB Periode 2021-2024

Yang menarik dari seleksi KI NTB   periode kali ini adalah jumlah peserta yang mengikuti proses seleksi menembus 130 orang dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian. Dari serangkaian proses yang dilalui peserta, terpilih 15 orang diajukan Pansel KI NTB untuk mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPRD NTB.

Dari lima besar Komisioner terpilih, terdiri dari 1 orang petahana yakni Drs M Zaini yang berlatar belakang pensiunan PNS dan kenyang pengalaman sebagai birokrat. Sedangkan empat lainnya berlatar belakang beragam keahlian dan pengalaman seperti Suaeb SHI sebagai pegiat gerakan literasi media dan anti korupsi, Badrun AM, mantan Ketua KPID NTB periode pertama, Syansuri SPt MM, mantan Komisoner KPU Lombok Tengah dan Asrarudin SAP dari kalangan profesional perpajakan. Praktis tidak ada keterwakilan perempuan periode kali ini sebagaimana perode-periode sebelumnya.

BACA JUGA:  5000 Orang akan Seruput Kopi Sembalun di Rinjani Color Run 2022

Uniknya, pemilihan unsur pimpinan KI juga telah dilaksanakan oleh 5 besar anggota KI NTB terpilih, walaupun mereka belum resmi dilantik dan ditetapkan Gubernur. “Ya benar sudah dipilih unsur pimpinan,”kata Suaeb SHI, anggota terpilih KI NTB  kepada MATARAMRADIO.COM.

Disebutkan, hasil pleno menyepakati Suaeb SHI sebagai Ketua dan Badrun AM SSos I sebagai Wakil Ketua KI NTB.

Semoga pimpinan terpilih dan jajarannya mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi performa KI NTB sebagai lembaga pemutus sengketa informasi publik menuju NTB Gemilang. (EditorMRC)