UMM Malang, Universitas Islam Terbaik Dunia 2021

MATARAMRADIO.COM , Malang – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mencatatkan prestasi meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank.

UniRank adalah lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia. Lembaga ini setiap tahunnya, merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia. Sebagai kampus Islam terbaik, UMM mengalahkan University of Science and Technology dari Iran dan Cairo University dari Mesir di urutan kedua dan ketiga.

Atas pencapaian itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan apresiasinya untuk UMM.“Saya ucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank, yakni Universitas Muhammadiyah Malang di peringkat 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat keenam, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta peringkat kedelapan,” kata Mendikbud lewat video singkat yang disampaikan dalam rilis UMM, Sabtu akhir pekan lalu.

BACA JUGA:  Lagi, Siti SMANSABAYA Raih Juara Dua Lomba Pidato Antar SLTA se NTB 2021

Nadiem berharap, prestasi ini dapat menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa serta membawa nama baik Indonesia di tingkat dunia.

Kampus UMM Malang dari Udara I foto: www.umm.ac.id


Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar kampus Islam terbaik merujuk tiga faktor. Pertama, diakreditasi oleh organisasi pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh.”Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga non akademik dari universitas Islam top di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi, yang disediakan oleh sumber intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri,” begitu penjelasan UniRank sebagaimana dilansir republika.co.id terkait penyusunan daftar universitas Islam terbaik di dunia.

BACA JUGA:  Tandatangani Komitmen Kinerja, Pejabat Siap Diganti

Daftar 10 Universitas Islam Terbaik Dunia

Berikut ini daftar 10 universitas terbaik di dunia 2021 versi UniRank dan 5 di antaranya adalah dari Indonesia.

1. Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia)

2. Iran University of Science and Tecknology (Iran)

3. Cairo University (Mesir)

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia)

5. Umm Al-Qura University (Saudi Arabia(

BACA JUGA:  Ini Ajakan Gubernur Agar Pedagang Pasar Mandalika 'Cekal' Korona

6. Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran)

7. Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia)

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia)

9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia)

10. Universitas Islam Indonesia (Indonesia).

(EditorMRC)